Minggu, 29 Mei 2022

Vaksin Covid-19 Tiba di Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Mobil boks bertulisan vaksin produksi PT Biofarma Bandung sudah terparkir di halaman Kantor Dinkes Jatim, Senin (4/1/2021). Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net

Vaksin Covid 19 sudah tiba di Surabaya, Senin (4/1/2021). Sejumlah vaksin dari Jakarta yang diangkut dengan mobil boks itu tiba di Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur dengan pengawalan ketat.

AKBP Teddy Candra Kasat Lantas Polrestabes Surabaya menjelaskan, vaksin Covid-19 itu dikirim dari Jakarta masuk ke Surabaya pukul tujuh tadi pagi. Polrestabes turut mengawal mobil vaksin ini.

Pantauan suarasurabaya.net, sudah ada dua mobil boks bertulisan vaksin produksi PT Biofarma Bandung sudah terparkir di halaman Kantor Dinkes Jatim, berikut Kendaraan Taktis Baraccuda dari kepolisian.

“Pengawalan ini sesuai perintah Kapolri. Polda, Polres, Polresta, dan Polrestabes Surabaya turut andil. Kami tadi dapat giliran mengawal saat masuk Tol Surabaya sampai ke Dinkes Jatim,” ujarnya.

Belum terkonfirmasi total ada berapa banyak vaksin Covid-19 yang tiba di Dinkes Jatim hari ini. Demikian juga jenis vaksin yang datang. Tetapi sejauh ini, vaksin yang akan diterapkan adalah Sinovac produksi Cina.

Sebelumnya, PT Bio Farma selaku distributor mengirim vaksin produksi perusahaan China tersebut untuk 13 provinsi dalam pengiriman tahap pertama. Jawa Timur menjadi daerah yang mendapat pasokan vaksin paling banyak yaitu 77.760 dosis.

Pihak Dinkes Jatim berencana menggelar konferensi pers siang ini. Rencananya, Herlin Ferliana Kepala Dinkes Jatim yang akan memberikan penjelasan seputar vaksin Covid-19 yang baru tiba.

Sementara itu Kombes Pol Johnny Eddizon Isir Kapolrestabes Surabaya mengatakan, meski belum ada kepastian jumlah dosis untuk warga Surabaya, Polrestabes berkomitmen melakukan pengawalan proses vaksinasi.

Polrestabes, kata dia, akan mendampingi proses distribusi sampai pelaksanaan vaksinasi di Kota Pahlawan. Terutama untuk memastikan keamanan dan keselamatan warga Kota Surabaya.

“Meski sudah ada vaksin, harus tetap melakukan antisipasi penekanan penyebaran virus di Kota Surabaya. Saya harap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.(den/tin)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs