Minggu, 24 Januari 2021

Aplikasi Planetarium Glass Bantu Kemudahan Pembelajaran tentang Planet

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aplikasi Planetarium Glass karya mahasiswa Unusa dapat diunduh melalui gadget. Foto: Humas Unusa

Aplikasi Planetarium Glass yang membantu kemudahan pembelajaran tentang planet-planet dengan teknologi augmented reality (AR) bagi pelajar, akhirnya tembus peringkat nasional raih juara LoKreatif 2020.

Karya aplikasi Planetarium Glass yang dibuat lima mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini berhasil meraih juara satu lomba nasional kreativitas mahasiswa Lo Kreatif 2020 (LoKreatif 2020) yang digelar Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah VII Jawa Timur.

Planetarium Glass merupakan satu diantara aplikasi pembelajaran planet-planet di bumi, yang dikreasikan dan dibuat saat pandemi Covid-19, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Devaldi Akbar Suryadi satu diantara mahasiswa menjelaskan bahwa ide ini berawal dari keikutsertaan tim pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang tidak lolos sehingga diikut sertakan pada lomba LoKreatif 2020.

“Dari kegagalan itu kami terus mengembangkan aplikasi ini untuk akhirnya kami lolos dan masuk semi final,” terang Devaldi, sapaan Devaldi Akbar Suryadi, Kamis (14/1/2021).

Devaldi menambahkan bahwa aplikasi ini memang untuk membantu pembelajaran siswa sekolah dasar (SD) dala mengenali planet dengan bantuan telnologi AR.

Ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini membuat guru dalam pembelajaran sains terkendala dalam memberikan penjelasan, aplikasi ini sangat membantu. “Jadi siswa akan lebih mudah untuk memahami pembelajaran planet,” ujar Devaldi.

Dalam aplikasi Planetarium Glass ke bentuk tampilan gambar maka akan keluar objek tiga dimensi (3D) serta penjelasan dari tiap objek. “Misalnya kartu objek bumi, maka akan keluar juga animasi bumi berputar secara tiga dimensi disertai penjelasan planet bumi seperti apa dan bagaimana bentuknya,” papar Devaldi.

Devaldi berharap melalui aplikasi ini dapat membantu literasi anak-anak terutama pada bidang sains di Indonesia yang masih rendah sekali menurut data yang ada. “Kami ingin membantu anak-anak serta tenaga pendidik untuk belajar bidang sains yang mudah dimengerti. Terutama apalagi saat pandemi sepert sekarang ini,” pungkas Devaldi.

Ke lima mahasiswa Unusa dengan karya aplikasi Planetarium Glass yang berhasil meraih juara di tingkat nasional LoKreatif 2020 ini, adalah Devaldi Akbar Suryadi, Rr. Fadila Kusumaning Ayu, Nur Fauziah, Zahrotul Jannah dan Tri Nadia Ningsih.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pak Nunut Pak …

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Surabaya
Minggu, 24 Januari 2021
28o
Kurs