Sabtu, 24 Februari 2024

Aplikasi Plavon Dukcapil Sidoarjo Melayani Pengiriman Dokumen Adminduk ke Rumah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tangkapan layar situs http://plavon.sidoarjokab.go.id/. Foto: Plavon Kabupaten Sidoarjo

Aplikasi Plavon Dukcapil Sidoarjo melayani pengiriman dokumen adminduk ke rumah pemohon, bekerja sama dengan Kantor Pos dan Mantap Kurir, UMKM di bidang jasa pengiriman di Sidoarjo.

“Benar. Jadi ada tiga pilihan pencetakan dokumen adminduk. Bisa diambil di kantor kami (Dispendukcapil) atau di MPP (Mal Pelayanan Publik). Kemudian bisa cetak mandiri, atau bisa minta dikirim,” ujar Reddy Kusuma, Kepala Dispendukcapil Sidoarjo hari ini, Rabu (7/4/2021).

Pencetakan secara mandiri dokumen kependudukan bisa dilakukan warga dengan kertas A4 tebal 80 gram. Bila proses dokumen kecuali e-KTP dan KIA tuntas, file format pdf akan dikirim via aplikasi.

Di aplikasi itu, pemohon juga bisa mengajukan permintaan agar dokumen adminduk yang sudah jadi dikirim langsung ke rumah. Hanya saja, ada pengecualian untuk e-KTP maupun KIA.

Seperti diketahui, pelayanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan di Dispendukcapil Sidoarjo saat ini sudah pindah sepenuhnya ke aplikasi Plavon Dukcapil Sidoarjo.

Fasilitas hotline pengiriman dokumen persyaratan WhatsApp, juga situs web pendaftaran untuk nomor antrean pengurusan SAE Capil yang sebelumnya diterapkan sudah ditutup.

Pemohon tinggal mengakses plavon.sidoarjokab.go.id, membuat akun di situs itu, kemudian bisa segera mengunggah berkas persyaratan yang sudah di-scan atau difoto ke situs tersebut.

Ketika semua berkas sudah lengkap dan status permohonan sudah berubah jadi “dalam proses”, Reddy bilang, proses verifikasi dan lain-lain dia sebutkan maksimal lima hari.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs