Jumat, 26 April 2024

Bantu Persalinan di Atas Perahu, Bidan Awanti Dapat Ganjaran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bidan Awanti pangas (celana putih) saat menerima penghargaan dari TNI AL khususnya dari Lanal Palu. Foto: Dispen AL

TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palu jajaran Koarmada II memberikan atensi dan perhatian khusus atas aksi heroik Awanti Pangas seorang bidan yang membantu proses persalinan di atas perahu saat gelombang tinggi.

Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla Komandan Lanal Palu diwakili Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono Palaksa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada sang bidan dari Puskesmas Lantibung Pulau Bangkurung, Kabupaten Luwuk Banggai itu.

Komandan Lanal Palu menceritakan, bidan Awanti pantas menerima dan mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas keberaniannya mengambil risiko tinggi sebagai tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat di pedalaman.

“Persalinan itu berisiko tinggi karena ibu yang mengandung dan melahirkan di perahu itu mengalami hipertensi, berusia 42 tahun, dan itu adalah kelahiran anak kedelapan,” kata Marthin Luther Ginting, Sabtu (31/7/2021).

Martin menambahkan, dengan penghargaan dari TNI AL itu Awanti diharap semakin bersemangat dalam mengabdi sebagai tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu masyarakat di kawasan pulau Bangkurung.

Seperti diberitakan sejumlah media lokal, saat melakukan pertolongan proses persalinan di atas perahu itu, meski sedikit panik, bidan Awanti tetap berupaya tenang dan fokus.

Persalinan itu terjadi saat perahu itu dalam perjalanan merujuk pasien dari Puskesmas Lantibung ke RSUD Luwuk, di tengah cuaca kurang bersahabat.

Video Bidan Awanti yang direkam oleh salah seorang temannya dan diunggah ke akun media sosial itu menjadi viral.

Acara pemberian penghargaan berlangsung di Mako Pangkalan TNI AL Palu dihadiri Sofyan Kaefa Bupati Banggai Laut, Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Laut, Ketua Badan Kehormatan DPRD, staf Pemda Banggai Laut, juga perwira staf Lanal Palu.

Kegiatan ini juga dimonitor langsung dari Mabes TNI AL melalui sarana video conference.(tok/den/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs