Kamis, 28 Maret 2024

Bappenas Estimasi Covid-19 di RI Dapat Terkendali pada September 2021

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengestimasikan wabah Covid-19 di Indonesia akan terkendali pada September 2021, berdasarkan penghitungan yang dilakukan bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

“Ini sebuah optimisme yang harus kita jaga,” kata Suharso Monoarfa Menteri PPN/Kepala Bappenas dalam konferensi pers virtual perkembangan ekonomi Indonesia di Jakarta, Selasa (9/2/2021) dilansir Antara.

Menteri PPN menjelaskan saat ini pemerintah menargetkan angka reproduksi efektif atau Rt turun mencapai 0,9 dari saat ini mencapai 1,2.

Dengan target Rt 0,9, kata dia, maka upaya menekan laju pertambahan kasus atau penularan Covid-19 sudah menurun diproyeksi akan tercapai pada September 2021.

Adapun cakupan yang diperlukan untuk menurunkan angka reproduksi efektif itu adalah sebesar 39 persen dari parameter jumlah penduduk sebesar 182 juta.

Suharso memberikan gambaran, untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Indonesia sebanyak 182 juta penduduk berusia di atas 18 tahun divaksin menggunakan vaksin Sinovac dengan skenario vaksinasi secara umum pada 1 Maret 2021.

Adapun efektivitas vaksin Sinovac adalah 65 persen yang disuntikkan sebanyak dua kali dalam rentang waktu 14 hari, maka kekebalan akan muncul setelah 14 hari.

Kemudian kegiatan vaksinasi itu didukung jumlah vaksinator mencapai 31 ribu orang atau satu petugas bisa menyuntikkan vaksin sebanyak 30 orang, sehingga total diperkirakan ada 930 ribu suntikan per hari.

Apabila kegiatan vaksinasi berjalan mulus, lanjut dia, maka jumlah vaksin yang disuntikkan mencapai 141,9 juta suntikan kepada 70,9 juta orang dengan target vaksinasi tercapai dalam 167 hari.

“Maka target vaksinasi untuk pengendalian, sekali lagi, dalam rangka menekan laju pertambahan kasus supaya Rt tercapai di bawah satu yaitu 0,9, itu cara penularannya sudah turun, bisa dicapai September tahun ini,” katanya.

Meski demikian, proyeksi itu hanya untuk pengendalian penularan Covid-19 di Indonesia, bukan untuk proyeksi pencapaian herd immunity.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs