Kamis, 25 April 2024

Bertemu Taliban, Menlu RI Sampaikan Pesan Khusus dari Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam pernyataannya selepas pertemuan bilateral Joko Widodo Presiden dan Phạm Minh Chính Perdana Menteri Vietnam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (23/4/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI, Kamis (26/8/2021), bertemu dengan perwakilan Taliban yang menguasai Afganistan, di sela kunjungan kerjanya ke Doha, Qatar.

Dalam pertemuan itu, Menlu RI menyampaikan tiga pesan khusus. Pertama, Retno menekankan kepada Taliban terkait pentingnya pemerintahan inklusif di Afghanistan.

Pesan kedua, Retno mengingatkan Taliban untuk melindungi hak-hak perempuan, dan yang ketiga, Menlu RI meminta Taliban memastikan negara itu tidak menjadi tempat lahirnya organisasi dan aktivitas teroris.

“Saya menyampaikan kepada Taliban pentingnya pemerintahan inklusif di Afghanistan, perlindungan hak perempuan, dan memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat lahirnya organisasi dan aktivitas teroris,” kata Retno melalui kicauannya di Twitter, Jumat (27/8/2021).

Retno Marsudi tercatat sebagai pejabat Indonesia pertama yang bertemu perwakilan Taliban, sejak kelompok tersebut merebut kekuasaan dari pemerintahan Presiden Ashraf Gani, 15 Agustus 2021.

Selain itu, Menlu RI juga mengadakan pertemuan khusus dengan Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani Menteru Luar Negeri Qatar.

Retno mengatakan mereka mendiskusikan isu-isu terkait masa depan Afghanistan.

Seperti diketahui, Taliban sampai sekarang belum mengumumkan pemerintahan baru di Afganistan.

Taliban berusaha menampilkan wajah baru yang lebih moderat dibanding waktu mereka memerintah Afghanistan periode 1996-2001.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs