Selasa, 19 Maret 2024

BKSDA Klarifikasi Video Viral Harimau Loreng di Hutan Jati Tulungagung

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Video pendek berisi gambar penampakan harimau yang berjalan di tengah hutan Jati. Foto: Antara

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Blitar menanggapi video viral berdurasi 29 detik yang merekam harimau loreng di tengah hutan jati dan dinarasikan seolah berada di kawasan hutan lereng Gunung Wilis, Tulungagung, Jawa Timur.

“(Video) itu sepertinya bukan di Indonesia, tapi di India,” kata Joko Dwiyono Kepala Resort Wilayah Konservasi 02 Blitar di Tulungagung, dilansir Antara.

Penjelasan Joko itu sekaligus menepis keyakinan sebagian warganet bahwa telah ditemukan bukti keberadaan harimau loreng (Jawa) di hutan kaki lereng Gunung Wilis yang berbatasan dengan Tulungagung.

Di India, lanjut Joko, spesies harimau liar memang masih banyak ditemui di dalam hutan rimba dan pegunungan.

Vegetasi hutan di India juga banyak yang ditumbuhan pohon jati. Vegetasi yang tertangkap dalam video 29 detik tersebut bahkan tidak ada yang identik dengan tanaman yang ada di lereng Wilis, khususnya di Kecamatan Sendang yang didominasi hutan pinus.

Sebelumnya, beberapa hari terakhir, warganet di Tulungagung dihebohkan video pendek yang viral berstempel lokasi “Sendang” dengan objek gambar harimau loreng berjalan di tengah hutan jati.

Harimau itu tampak berjalan melewati warga yang mengambil video. Terdengar jelas suara istighfar dari warga yang ketakutan sambil berdoa meminta pertolongan dalam bahasa Jawa.

Isu kemunculan harimau besar memang membuat warga sekitar lereng Gunung Wilis resah. Pasalnya, beberapa petani hutan dan penyadap pinus mengaku sempat berpapasan langsung dengan kucing besar yang belum teridentifiksi jenisnya itu.

Informasi yang berkembang, kemudian sampai ke BKSDA Kediri dan Blitar, lalu ditindaklanjuti tim pengawasan dengan memasang sejumlah camera trap atau kamera jebak yang dilengkapi sensor gerak di titik-titik pernah diketahui keberadaan harimau tersebut.

Dari hasil pengumpulan bahan dan keterangan, Joko memastikan belum meng-update informasi penampakan harimau itu. Bahkan, dari tiga camera trap (kamera jebak) yang dilengkapi sensor gerak belum ada hasil.

Ia mengatakan bahwa pihaknya belum memeriksa lagi hasil dari kamera yang dipasang.

“Untuk monitoring ada, belum hari ini. Kami ada tim lapangan di sekitar situ (hutan) yang menginformasikan kepada kami,” kata Joko.

Dari informasi awal yang diterimanya dari warga saat memasang kamera Minggu lalu, harimau yang terlihat lebih dari satu.

“Ada satu dewasa, itu induknya. Satu lagi kecil, mungkin anaknya,” katanya.

Dugaan awal harimau yang terlihat berjenis kelamin betina. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
33o
Kurs