Minggu, 28 November 2021

BPS Mencatat Mobilitas Penduduk Turun pada Juli 2021 akibat PPKM

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) memberhentikan pengendara motor yang tidak memakai masker di Perbatasan Bekasi menuju Jakarta di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Jum'at (10/4/2020). Pada operasi ini petugas mengawasi mobilitas kendaraan dari dan keluar wilayah Bekasi setelah adanya pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Foto : Antara

Margo Yuwono Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) melansir bahwa terjadi penurunan mobilitas penduduk pada Juli 2021 karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli – 20 Juli 2021 dan dilanjutkan dengan PPKM level 4 hingga saat ini.

“Pada Juli 2021 dari sini terlihat berbagai aktivitas kegiatan misalnya di tempat perdagangan ritel dan rekreasi mengalami penurunan mobilitas 20 persen,” kata Margo dalam konferensi pers yang dilaporkan Antara, Rabu (18/8/2021).

Selain itu, Margo menyampaikan bahwa aktivitas di beberapa tempat juga mengalami penurunan, di antaranya kegiatan di taman turun 20 persen.

Selain itu, aktivitas di tempat transit juga mengalami penurunan 45,3 persen, dan di tempat kerja turun 28,9 persen.

Sebaliknya, aktivitas di rumah justru mengalami kenaikan 13 persen, mengingat seluruh kegiatan dipusatkan di rumah selama PPKM.

Kemudian karena PPKM memperbolehkan gerai yang menjual kebutuhan sehari-hari dapat tetap buka, maka aktivitas di tempat belanja kebutuhan sehari-hari terjadi peningkatan 12 persen.

Menurut Argo, informasi tersebut penting untuk diketahui karena akan berpengaruh pada indikator lain yang dirilis pada hari ini yaitu neraca perdagangan dan upah buruh.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
27o
Kurs