Jumat, 26 April 2024

Mobilitas Masyarakat pada Masa PPKM Level Empat Mulai Meningkat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
dr Siti Nadia Tirmidzi Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Foto: covid.go.id

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Kementerian Kesehatan urusan Penanganan Covid-19 mengungkapkan, dalam sepekan terakhir masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Empat, terjadi kenaikan mobilitas masyarakat di berbagai daerah.

Mobilitas masyarakat itu mulai mengalami kenaikan dibandingkan masa PPKM Darurat yang berlaku tanggal 3-20 Juli 2021.

Berdasarkan data aplikasi pemantau seperti Facebook Mobility, Google Traffic, dan Night Light NASA, pergerakan penduduk paling banyak ke tempat-tempat seperti restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan.

Menurut Nadia, dengan meningkatnya pergerakan masyarakat, otomatis peluang interaksi antarorang semakin tinggi, sehingga meningkatkan potensi penularan Covid-19.

“Peningkatan pergerakan paling banyak ke tempat-tempat seperti restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan. Peningkatan pergerakan masyarakat itu tentunya meningkatkan interaksi orang, dan mempengaruhi potensi penularan,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Maka dari itu, Dokter Nadia mengimbau para pelaku usaha yang sudah mulai beroperasi memastikan konsumennya selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan PPKM Level Tiga dan Empat.

Seperti diketahui, pemerintah kembali memperpanjang masa aktif PPKM Level Empat di 141 kabupaten/kota, mulai tanggal 3-9 Agustus 2021, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Dalam masa PPKM Level Empat kali ini, pemerintah mengizinkan sejumlah sektor usaha seperti restoran/rumah makan beroperasi, dengan sejumlah ketentuan.

Pemerintah mengklaim, PPKM Level Empat yang diterapkan dua pekan sebelumnya berhasil menekan angka kasus baru, dan keterisian ranjang perawatan rumah sakit di sejumlah provinsi.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs