Rabu, 19 Januari 2022

Buruh Berkumpul di Frontage Road A. Yani, Siap Menuju Grahadi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Massa buruh berkumpul di frontage road jalan Ahmad Yani sebelum bergerak ke Grahadi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ratusan massa buruh berbagai elemen di Jawa Timur berkumpul di sekitaran frontage road Jl. Ahmad Yani, Selasa (30/11/2021), bersiap menuju Gedung Negara Grahadi.

Sejak menjelang pukul 10.00 buruh sudah berada di dekat City of Tomorow (Cito) di dekat frontage road Ahmad Yani. Mereka mengaku dari Sidoarjo, dan sebelum masuk ke tengah kota Surabaya, diminta berkumpul menunggu rekan buruh dari kota lain yang juga akan masuk Surabaya.

“Perintah korlap seperti itu. Kumpul dulu di depan Cito, terus ke tengah Kota Surabaya, ke Grahadi-nya sama-sama. Ini sekalian nunggu kawan-kawan yang dari Sidoarjo juga belum semuanya datang,” terang Yadi buruh dengan seragam baju putih lengan biru.

Dipastikan, Selasa (30/11/2021) ini aksi demo buruh dengan massa lebih banyak dibandingkan dengan tiga aksi demo buruh sebelumnya. Aksi pertama sudah berlangsung pada Kamis (25/11/2021) dilanjutkan pada Jumat (26/11/2021) dan Senin (29/11/2021). Kabarnya aksi nantinya diikuti lebih dari 15 ribu buruh.

Sebagian buruh yang sudah berada di depan Gedung Negara Grahadi, Selasa (30/11/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Jazuli SH., juru bicara gerakan serikat pekerjaan (Gasper) Jawa Timur menyatakan bahwa bisa jadi jumlah tersebut akan bertambah. Mengingat aksi pada hari ini bertepatan dengan penetapan UMK. “Mungkin jumlah pesertanya akan lebih banyak. Mengingat hari ini juga penetapan UMK,” ujar Jazuli.

Jazuli juga memastikan bahwa massa buruh dari beberapa kota di luar Surabaya memang sebelumnya ada yang tidak ikut turun ke jalan. “Kawan-kawan dari Pasuruan rencananya hari ini akan bergerak. Tapi, memang seperti rencana sebelumnya berkumpul di frontage road A. Yani sebelum ke Grahadi,” ujar Jazuli.

Sebelum buruh datang dan berkumpul di kawasan frontage road Ahmad Yani, sekurangnya 5 truk TNI berwarna hijau mengangkut sejumlah prajurit terlihat sudah hadir dan memarkir kendaraannya di sebelah gedung Graha Pangeran. Demikian juga beberapa kendaraan Polisi juga terlihat tidak jauh dari kawasan tersebut.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
25o
Kurs