Selasa, 15 Juni 2021

Buruh Gelar Aksi Massa Hari Ini, Tuntut Batalkan Omnibus Law dan Menolak THR Dicicil

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Aksi buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Kamis (19/11/2020). Foto: Anton suarasurabaya.net

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi demonstrasi pada Senin (12/4/2021) hari ini.

Said Iqbal Presiden KSPI mengatakan, aksi tersebut bakal diikuti puluhan ribu buruh di seluruh Indonesia. Di Jakarta, aksi akan digelar di depan Mahkamah Konstitusi sebagai simbol penolakan atas omnibus law UU Cipta Kerja. Sementara di daerah, buruh akan berdemonstrasi di kantor kepala daerah masing-masing.

Ada tiga tuntutan yang akan disampaikan buruh hari ini di antaranya: pertama, mendesak Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan dibayarkan penuh bukan dicicil.

“Kedua, menolak Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Terakhir, meminta agar upah minimum sektoral kabupaten/kota diterapkan. Model aksi besar-besaran yang akan dilakukan di lebih 20 provinsi, lebih dari 1.000 pabrik, dan melibatkan berbagai sektor yaitu banking, logistik, teksti, pariwisata, dan lain-lain,” kata Said dalam keterangan di situs KSPI.

“Aksinya melibatkan tidak hanya dari KSPI, tapi juga elemen buruh yang lain. Ada perwakilan yang datang ke MK sebagai simbol penolakan omnibus law, di daerah ada perwakilan ke kantor gubernur. Daerah di DKI, Banten, Jateng, Jatim, Riau, Kalsel,” imbuhnya.

Para buruh juga akan berdemonstrasi di dalam lingkungan perusahaannya masing-masing.

“Para buruh yang mengikuti aksi mereka tidak akan keluar dari perusahaan. Mereka akan ada aksi di dalam lingkungan perusahaan, jadi di batas pagar,” terangnya.

Di Surabaya, aksi buruh akan diikuti kurang lebih 250 orang massa dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). AKP Tirto Kanit Dikyasa Lantas Polrestabes Surabaya, massa akan bergerak ke kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan sekira pukul 09.00-10.00 WIB.

“Estimasi jam 09.00-10.00. Itu pun bisa mundur,” kata AKP Tirto kepada Radio Suara Surabaya.

Titik kumpul massa ada di Cito dan Kebun Binatang Surabaya. Rencananya tidak ada penutupan jalur, dan ada upaya pengawalan massa dari kepolisian supaya kondusif.

Sementara di Sidoarjo, disampaikan oleh Aiptu Amin Satlantas BM Polrestabes Sidoarjo, FSPMI akan menggelar aksi di tiga tempat yaitu Pendopo Bupati Sidoarjo, kemudian ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Selasa, 15 Juni 2021
26o
Kurs