Kamis, 11 Agustus 2022

Buruknya Komunikasi Orang Tua dan Remaja Bisa Jadi Ancaman Masa Depan Anak

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak, memberikan sambutan di acara workshop Bunda GenRe di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi, Rabu (2/6/2021). Foto: Manda suarasurabaya.net

Bunda Generasi Berencana (Genre) memegang peran penting untuk menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segalanya, terutama dalam merespon masalah remaja.

“Remaja merupakan kunci penentu masa depan, baik sebagai penerus estafet pembangunan, mau pun sebagai calon ayah dan calon ibu yang akan melahirkan generasi berikutnya,” kata Arumi Bachsin Emil Elestianto, di acara Workshop Bunda Genre, yang dihelat secara hybrid dari Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Rabu (2/6/2021).

Arumi Bachsin yang juga sebagai Bunda GenRe Provinsi Jatim mengatakan, berbagai program dengan berbagai pendekatan, telah dilakukan untuk menyelamatkan remaja dari ancaman yang dapat menghancurkan masa depannya. Pendekatan melalui keluarga, atau orang tua dapat menjadi salah satu alternatif, mengingat orang tua memiliki otoritas atas anak remaja mereka.

“Permasalahan antara orang tua, dengan remaja terutama masalah komunikasi sangat banyak terjadi, dan menjadi penyebab gagalnya orang tua mendampingi anak remaja. Gap generation atau celah antar generasi yang terlalu jauh, disebabkan perkembangan teknologi yang membuat komunikasi antara orang tua dengan anak remaja tidak mudah dibangun,” jelasnya.

Arumi menegaskan, permasalahan remaja merupakan tanggung jawab semua pihak. Berbagai sektor lembaga mau pun instansi harus bersinergi dan bekerjasama untuk menyelamatkan remaja dari berbagai ancaman yang semakin masif baik dari dunia nyata, mau pun dunia maya. Kata Arumi, kehidupan remaja saat ini membutuhkan bimbingan.

“Mengingat perkembangan jaman yang demikian cepat, kita harus terus melakukan inovasi, agar program penanganan masalah remaja dapat diterima dan memberikan manfaat maksimal pada masyarakat. Sinergis, holistik dan berbasis IT mungkin menjadi ciri inovasi di jaman sekarang ini, untuk disebarluaskan dan disosialisasikan sampai ke tingkat lapangan di seluruh wilayah Jawa Timur,” papar Arumi.

Untuk itu Arumi menegaskan,  Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, sangat mendukung program-program dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini di tingkat provinsi sampai Kabupaten/Kota, dan lini lapangan melalui kader-kader PKK di seluruh Jawa Timur.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
27o
Kurs