Rabu, 24 April 2024

China, India, AS, Australia Enggan Teken Ikrar Stop Pakai Batubara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi tambang batubara. Foto: Antara

China, India, Amerika Serikat, Australia dan negara-negara lain pemakai batu bara dengan jumlah besar enggan menandatangani ikrar dalam KTT Iklim COP26 PBB di Glasgow untuk berhenti memakai batubara.

Indonesia, Polandia, Vietnam, dan negara-negara lain pada Kamis (4/11/2021) berjanji untuk menghentikan penggunaan pembangkit listrik tenaga batubara dan menghentikan pembangunan pembangkit.

Tetapi, kesepakatan mereka pada KTT iklim COP26 gagal mendapatkan dukungan dari China, India, dan para konsumen batubara teratas lainnya.

Inggris mengatakan salah satu tujuan utamanya untuk KTT Perserikatan Bangsa-Bangsa itu adalah “mengubur batubara ke dalam sejarah”. Kesepakatan itu diteken 23 negara yang membuat komitmen baru.

Alok Sharma Presiden KTT COP26 mengatakan kesepakatan itu merupakan langkah untuk mengakhiri penggunaan batubara.

“Hari ini saya pikir kita dapat mengatakan bahwa akhir dari batubara sudah di depan mata,” kata Sharma dalam pertemuan di Glasgow.

Sharma mengatakan pada konferensi pers bahwa telah menjadi prioritas pribadi baginya sebagai presiden COP26 untuk mengubur batu bara ke dalam sejarah.

“Saya pikir Anda dapat mengatakan dengan yakin bahwa batu bara bukan lagi raja,” tegas Sharma melansir Reuters dan mengutip dari Antara, Jumat (5/11/2021).

Namun, beberapa negara besar yang bergantung pada batu bara menjadi perhatian karena mereka tidak meneken ikrar untuk mengubur niat menggunakan bahan bakar fosil yang paling berpolusi ke dalam sejarah.

China bertanggung jawab atas sekitar 54,3 persen konsumsi batubara global pada 2020, sementara India menggunakan 11,6 persen, menurut tinjauan statistik energi dunia British Petroleum (BP) 2021.

Bahkan Amerika Serikat, yang juga tidak bergabung dengan perjanjian tersebut, mengonsumsi 6,1 persen sesuai tinjauan BP.

Emisi gas rumah kaca dari pembakaran batubara adalah satu-satunya penyumbang terbesar terhadap perubahan iklim.

Menghentikan penggunaan batubara di dunia dianggap penting untuk mencapai target iklim global.

Penandatangan perjanjian COP26 menyepakati pengurangan pembangkit listrik berbahan bakar batubara secara bertahap pada tahun 2030-an di negara-negara kaya, dan tahun 2040-an untuk negara-negara miskin.

Mayoritas penandatangan juga berkomitmen untuk menghindari investasi di pembangkit batubara baru di dalam dan luar negeri.

Susunan dan janji negara terus berubah sampai kesepakatan diumumkan. Absennya China, India, dan Australia menghambat upaya untuk mendapatkan dukungan global.

Seorang pejabat AS mengatakan rencana Presiden Joe Biden untuk mendekarbonisasi jaringan listrik pada 2035 akan mengurangi ketergantungan batubara.

Seperti juga undang-undang tentang infrastruktur dan pengeluaran sosial yang sedang dibahas oleh Kongres.

“Saya pikir kita akan segera membayar sejumlah tagihan yang akan mencapai 800 miliar dolar AS (Rp11 kuadriliun) dalam program energi bersih dan iklim yang benar-benar akan mendorong transformasi di Amerika Serikat, dan itulah yang menjadi fokus kami,” kata seorang pejabat tinggi Departemen Energi AS kepada wartawan.

Joe Manchin, Senator AS seorang Demokrat dari negara bagian penghasil batubara di West Virginia dan pendiri sekaligus pemilik sebagian perusahaan pialang batubara, telah menentang beberapa tindakan penyelamatan iklim dalam undang-undang.

Beberapa ahli mengatakan kesepakatan itu merupakan langkah maju. Kesepakatan itu datang bersamaan dengan pengumuman oleh Powering Past Coal Alliance.

Sebuah persekutuan internasional, yang mengatakan telah mendapatkan 28 anggota baru untuk berjanji berhenti menggunakan batubara.

KTT COP26 sejauh ini telah memberikan dana sekitar 20 miliar dolar AS (Rp 290 triliun) untuk membantu negara-negara menghapus batubara.

“Kita perlu memiliki dana untuk menghentikan penggunaan batubara lebih awal dan untuk membangun kapasitas baru energi terbarukan,” kata Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Indonesia.

Inggris juga berharap KTT di Glasgow akan menghasilkan komitmen yang cukup untuk tetap mencapai target membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri.

Untuk mencapai target itu, dunia harus dapat mencapai emisi karbon nol bersih pada 2050.

KTT COP26 sejauh ini telah menghasilkan kesepakatan tentang batubara, deforestasi, dan metana, tetapi gambaran yang jelas belum muncul tentang program yang akan ditambahkan oleh para sukarelawan ini dalam hal menurunkan kenaikan suhu. (ant/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs