Selasa, 16 April 2024

Daop 8 Surabaya Tambah Operasional KA Jarak Jauh

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang penumpang sedang menunggu KA di Stasiun Gubeng Surabaya. Foto: Antara

PT KAI Daop 8 Surabaya menambah operasional kereta api (KA) jarak jauh, sebagai upaya penyesuaian mengakomodir kebutuhan pelanggan akan hadirnya transportasi yang aman, nyaman dan sehat di masa pandemi Covid-19.

Luqman Arif di Surabaya Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Kamis (8/10/2021) mengatakan, pada September 2021 Daop 8 Surabaya mengoperasikan keberangkatan 23 KA jarak jauh, kemudian Oktober 2021 bertambah menjadi 29 keberangkatan KA jarak jauh

“Ini juga untuk mengakomodasi tingginya tingkat kepercayaan pelanggan KA di masa pandemi yang terus meningkat,” katanya.

Luqman mengatakan, bagi calon penumpang yang akan menggunakan KA jarak jauh harus memenuhi syarat perjalanan yang ditetapkan sesuai SE Kemenhub No 69 tahun 2021.

Syaratnya, wajib rapid Antigen yang berlaku 1x24jam/rapid PCR yang berlaku 2x24jam, wajib menjalani vaksinasi minimal dosis pertama, dan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam) dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

“Untuk saat ini, anak usia di bawah 12 tahun masih belum diperkenankan melakukan perjalanan dengan KA,” kata Luqman seperti yang dilansir Antara.

Sementara itu nama KA jarak jauh yang kini kembali beroperasi sesuai keberangkatan, masing-masing KA Argo Bromo Anggrek, KA Airlangga, KA Gumarang, KA Harina, KA Sembrani, KA Kertajaya tujuan Pasarsenen, KA Dharmawangsa tujuan Pasarsenen.

Untuk keberangkatan Surabaya Gubeng yakni KA Mutiara Timur Malam, KA Probowangi, KA Pasundan, KA Argo Wilis, KA Ranggajati, KA Sancaka, KA Sritanjung, KA Jayakarta Premium, KA Bima, KA Wijayakusuma, dan KA Mutiara Selatan,

Keberangkatan Malang masing-masing KA Tawangalun, KA Kertanegara, KA Jayabaya, KA Gajayana, KA Brawijaya, serta KA Malabar.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs