Kamis, 25 April 2024

Densus 88 Antiteror Amankan Warga Sukomanunggal Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rumah S yang diduga diamankan Densus 88 antiteror di Sukomanunggal, Jumat (2/4/2021). Foto: Istimewa

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, kembali mengamankan seorang terduga teroris di Jawa Timur, Jumat (2/4/2021). Kali ini di Surabaya.

Tim Densus 88 mengamankan terduga teroris berinisial S, warga Simorejo Sari A, RT 04, RW 06, Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

“Benar. Sekitar 07.30 WIB, di Surabaya, Sukomanunggal,” kata Gatot Repli Handoko Kabid Humas Polda Jatim.

Fauzi Ketua RT di lokasi penangkapan mengatakan, sejumlah petugas polisi bersenjata lengkap mendatangi rumah S sekitar pukul 07.30 WIB.

“Tadi personelnya banyak, kurang lebih 20-an orang bersenjata lengkap,” kata Fauzi.

Dia melihat penggeledahan rumah S bersama Ketua RW Setempat. Tapi saat itu yang bersangkutan tidak di rumah. “Sepertinya ditangkap di tempat lain,” ujarnya.

Selama dua jam penggeledahan, polisi membawa cukup banyak barang dari rumah S. Mulai dari buku, lebih dari sepuluh handphone, kotak amal, dan atribut kain tulisan Arab.

Fauzi mengaku dengan mata kepalanya sendiri dia melihat bahwa buku-buku yang disita dari rumah S adalah buku-buku yang isinya diduga tentang amaliah jihad.

“Iya benar, buku-buku tentang jihad,” katanya.

Fauzi mengatakan, S sudah tinggal di rumah itu selama lima tahun terakhir bersama mertuanya, istri, dan dua anaknya.

Sehari-harinya, kata Fauzi, S layaknya warga kebanyakan. Tak terkesan aneh. Bahkan S ramah dengan tetangga. Dia juga aktif mengikuti kegiatan warga sekitar.

“Sehari-hari kerja, ibadahnya taat, kerja bakti ya ikut kadang-kadang. Wajar-wajar saja saya kira. Dia tinggal di sana kurang lebih lima tahunan,” ujarnya.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs