Jumat, 19 April 2024

Di Tengah Gelaran WSBK, Puluhan Rumah di Lombok Tengah Disapu Puting Beliung

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Warga yang rumahnya rusak akibat hujan lebat disertai angin menerima bantuan material berupa asbes di Desa Bangkat Parak dan Desa Kidang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021). Foto: BPBD Lombok Tengah

Hujan lebat yang disertai angin mengakibatkan puluhan rumah warga di Desa Bangkat Parak dan Desa Kidang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, rusak disapu angin puting beliung.

“Jumlah rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung itu sebanyak 15 rumah di Desa Bangkat Parak dan 7 rumah di Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur, ” kata H Ridwan Maaruf Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah di Praya, Minggu (21/11/2021).

Ia mengatakan peristiwa yang menimpa warga itu terjadi saat hujan melanda Lombok Tengah pada Sabtu (20/11/20221) malam, tiba-tiba angin kencang merusak atap rumah warga. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, hanya merusak rumah warga,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Ia mengatakan setelah mendapatkan informasi pihaknya langsung turun memberikan bantuan kepada warga berupa selimut, makanan, terpal dan kebutuhan lainnya.

“Malam itu juga kita langsung turun memberikan bantuan kepada warga,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan material kepada rumah warga yang terdampak untuk dilakukan perbaikan, sehingga warga bisa menempati rumahnya kembali.

“Bantuan material akan diberikan juga setelah selesai melakukan pendataan kerusakan terhadap rumah warga, baik itu rusak ringan maupun berat,” katanya.

Angin puting beliung terjadi saat gelaran World Superbike (WSBK) berlangsung di sirkuit Mandalika. Akibat hujan deras dan cuaca buruk, race pertama yang seharusnya berlangsung Sabtu (20/11/2021) kemarin terpaksa ditunda.

Bahkan pada Minggu (21/11/2021), hujan kembali mengguyur sirkuit Mandalika sehingga race kedua kembali ditunda.

Dalam rilis resminya, BKMG mengeluarkan peringatan dini cuaca Nusa Tenggara Barat tanggal 21 November 2021 pukul 03:40 WITA berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul .03:50 WITA di Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Mataram, dan Pulau Sumbawa dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul.06:50 WITA.(ant/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs