Senin, 29 November 2021

DPR Akan Gunakan GeNose untuk Tamu yang Masuk Kompleks Parlemen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Calon penumpang melakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode GeNose C19 di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Indra Iskandar Sekretaris Jenderal DPR RI mengatakan, DPR RI telah menerima hibah empat mesin alat deteksi dini Covid-19 bernama GeNose C19 dari tim peneliti Universitas Gajah Mada (UGM), pada 6 Agustus 2021 lalu.

Seperti diketahui alat deteksi Covid-19 buatan UGM itu bekerja berdasarkan sampel hembusan nafas.

“Di akhir Juli lalu kami dapat informasi dari UGM akan dihibahkan alat mesin GeNose, tapi untuk penyerahan fisiknya baru dilakukan 6 Agustus, (berupa) mesin GeNose beserta plastik alat tesnya,” ungkap Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Indra menjelaskan, alat tes GeNose nantinya akan dipakai untuk memeriksa tamu yang memasuki Kompleks Parlemen.

Setiap tamu yang akan masuk akan diperiksa dengan GeNose bila tidak membawa hasil tes PCR-antigen. Diharapkan langkah ini bisa memastikan tamu-tamu itu bebas dari virus Corona.

“Jadi alat ini nanti akan kami gunakan tentu untuk kepentingan-kepentingan yang sifatnya segera, misalnya ada tamu-tamu Pimpinan Dewan, komisi dan sebagainya yang sifatnya segera yang mereka belum punya swab antigen atau PCR atau sudah expired,” sambung Indra.

Indra menyebut hibah GeNose dari UGM menjadi satu kehormatan bagi DPR RI, terlebih ini adalah hasil karya putra bangsa.

Hibah alat GeNose itu dia harapkan akan sangat membantu tugas dari Setjen DPR RI dalam menjaga protokol kesehatan bagi berbagai aktivitas Dewan, khususnya di DPR pada saat masa sidang nanti.

“Saya kira ini apresiasi kami bagi UGM yang membantu dan peduli terhadap aktivitas kedewanan yang memang sangat tinggi sekali pada masa sidang apalagi di masa pandemi ini, jadi protokol kesehatan ini sangat penting untuk terus kita tegakkan,” katanya.

Indra akan segera melaporkan kepada Pimpinan DPR untuk penggunaan GeNose ini.

“Sesegera mungkin ini bisa kami gunakan, nanti setelah kami laporkan kepada Pimpinan Dewan. Jadi tentu GeNose ini nantinya akan banyak sekali membantu manfaatnya bagi aktivitas Dewan di masa pandemi ini,” tutup Indra.(faz/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 29 November 2021
26o
Kurs