Sabtu, 27 April 2024

DPR Konsisten Dukung Penuh Uji Klinis Tahap III Vaksin Nusantara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI Foto: Istimewa

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI menegaskan tetap mendukung penuh vaksin Nusantara yang dikembangkan anak bangsa.

“Kami di DPR RI pada posisi konsisten dalam mendorong dan mendukung penuh vaksin yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa,” ujar Dasco dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Untuk itu, Dasco menyambut baik proses pengembangan Vaksin Nusantara, yang sudah menjalani uji klinis tahap I, II dan telah diakui dengan media jurnal ilmiah internasional serta sebentar lagi akan masuk uji klinis tahap III, sebagai syarat disuntikkan kepada masyarakat.

Dia berharap, vaksin Nusantara nanti bisa efektif menekan penyebaran Covid-19.

“Tentu menjadi harapan kita semua, bahwa pengembangan Vaksin Nusantara ini berjalan dengan baik dan efektif menekan penyebaran virus. Saya pikir, (Vaksin Nusantara) ini adalah sumbangsih nyata dari anak bangsa kita untuk masyarakat dan dunia dalam melawan Covid-19,” pungkas Dasco.

Sebelumnya, Terawan Agus Putranto mantan Menteri Kesehatan mengatakan kalau vaksin Nusantara yang menggunakan metode sel dendritik bisa mengatasi kekhawatiran kekebalan tubuh karena munculnya varian mutasi virus Corona yang baru.

Vaksin Nusantara menggunakan antigen rekombinan SARS Cov-2 sehingga lebih tahan, kemudian bisa sesuai kapan saja dan mutasi seperti apa bisa disesuaikan.

Dia juga memastikan vaksin Nusantara aman meskipun proses pembuatan imun dilakukan di luar tubuh manusia. Adapun untuk penerima vaksin konvensional, Terawan menegaskan tetap bisa menggunakan vaksin Nusantara, apalagi karena ketahanannya yang bisa mencapai puluhan tahun.(faz/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs