Selasa, 7 Desember 2021

Dua Pekerja Migran di Jatim Terinfeksi Virus Corona Mutasi Baru

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi virus corona. Foto: dok. suarasurabaya.net

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengungkapkan, pekan lalu Kemenkes kembali menemukan dua kasus infeksi Virus Corona hasil mutasi di wilayah Indonesia.

Dalam keterangan yang disampaikan siang hari ini, Senin (17/5/2021), di Kantor Presiden Jakarta, Menkes menyebutkan, temuan dua kasus kali ini ada di daerah Jawa Timur.

“Kami temukan dua orang lagi yang terinfeksi Virus Corona hasil mutasi baru. Dua-duanya pekerja migran yang baru pulang dari Malaysia. Satu terinfeksi B117 dan satu lagi B1351 dari Afrika Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menkes menyebut tingkat penularan Virus Corona hasil mutasi lebih tinggi dari Sars-Cov2 penyebab Covid-19.

Maka dari itu, dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Virus Corona yang semakin banyak variannya.

“Penting bagi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” imbaunya.

Budi Gunadi menambahkan, sebanyak apa pun varian Virus Corona yang bermutasi, penularan bisa dihindari dengan cara disiplin protokol kesehatan.

Sekadar informasi, Pemerintah Indonesia terus berupaya mendeteksi mutasi Virus Corona dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Sampai sekarang, ada tiga varian Virus Corona hasil mutasi yang terdeteksi di Tanah Air, yaitu (B117) dari Inggris, (B1351) dari Afrika Selatan, dan (B1617) dari India.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
29o
Kurs