Selasa, 30 April 2024

Ecoton Bersihkan Pohon Tepi Sungai dari Lilitan Sampah Plastik

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ekspedisi Pohon Plastik oleh Ecoton, Selasa(17/8/2021) Foto: Istimewa

Muhammad Khalid Basyaiban Koordinator Ekspedisi Pohon Plastik Kali Surabaya mengatakan, sampah plastik yang hanyut terbawa hujan ke sungai mengancam kualitas bahan baku PDAM Surabaya.

“Plastik yang nyantol di pohon dan terpapar matahari akan terfragmentasi menjadi mikroplastik dan larut dalam air kali Surabaya. Perlu upaya pembersihan sampah-sampah plastik di pohon untuk mengurangi polusi plastik pada bahan baku PDAM Surabaya,” paparnya.

Lebih lanjut alummi Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura ini mengatakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap bahaya sampah plastik,  bersama  Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) akan mengadakan Ekspedisi Pohon Plastik Kali Surabaya yang dilaksanakan mulai 17-27 Agustus 2021, dari Mlirip hingga Muara Kali Wonokromo.

Ditambahkan, Azis Koordinator Hukum Ecoton, tujuan kegiatan ekspedisi, menghitung jumlah pohon yang terlilit plastik dan timbulan sampah plastik di sepanjang Kali Surabaya. “Dalam ekspedisi juga dilakukan brand audit untuk mengetahui merk-merk yang berkontribusi mencemari Kali Surabaya,” jelas Azis.

Rencananya 30 peserta ekspedisi pohon plastik kali surabaya akan melakukan aksi di depan intake PDAM Surabaya di karang pilang, (18/8/2021). “Dalam aksi nanti kami akan membawa replika pohon yang terlilit sampah plastik mengingatkan warga yang tinggal di daerah aliran sungai agar tidak membuang sampah plastik ke Kali Surabaya,” kata Muhammad Khalid Basyaiban. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs