Kamis, 30 Mei 2024

Eri Cahyadi Mengenang Sejarah dan Jasa Pahlawan di TMP Kusuma Bangsa 

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya bersama istri ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa setelah melaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya bersama rombongan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa setelah melaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Eri bersama rombongan tiba di TMP Kusuma Bangsa pukul 09.13 WIB. Rangkaian ziarah dibuka dengan meletakkan karangan bunga di monumen TMP oleh Wali Kota Surabaya.

Lalu dilanjutkan tabur bunga ke Makam Pahlawan beserta rombongan yang di antaranya terdapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Salah satu pahlawan yang diziarahi oleh rombongan Eri adalah KH. Mustofa Kamil asal Garut, yang turut bergabung di  Pertempuran Surabaya bersama para santri terpilihnya.

“Beliau adalah ulama asal Garut yang datang untuk ikut bertempur di Surabaya dengan membawa 18 santrinya,” ujar Ahmad Zaki Yamani dari Komunitas Roode Burg Soerabaia dan Begandring Soerabaia.

Zaki yang mendampingi Eri Cahyadi saat menabur bunga juga menjelaskan sejarah dan latar belakang pahlawan kepada beberapa rombongan yang ikut.

“K.H Mustofa Kamil terhenti di Gedangan saat ingin masuk ke Surabaya, karena waktu itu pertempuran rakyat Surabaya melawan Sekutu telah merambat hingga ke Wonokromo. Akhirnya beliau berjuang mempertahankan wilayah Gedangan saat bertempur melawan Sekutu,” lanjut Zaki saat menjelaskan sejarah pahlawan K.H Mustofa Kamil.

Kata Zaki sejarah beberapa pahlawan yang jarang orang umum mengetahui juga perlu disampaikan ke masyarakat secara luas.

Total makam para pahlawan yang di antaranya meliputi korban perang tidak dikenal, tercatat di tugu samping gerbang masuk TMP Kusuma Bangsa berjumlah 895 makam. (wld/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs