Rabu, 24 April 2024

Evaluasi Pasien ICU Cenderung Stagnan karena Terlambat Dibawa ke Rumah Sakit

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi ruang isolasi covid-10. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Staf Khusus Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi pemberlakuan PPKM di Jawa Timur, zona merah yang sebelum PPKM diterapkan ada di delapan kabupaten/kota, setelah PPKM dijalankan menjadi tinggal dua daerah yaitu Trenggalek dan Kabupaten Madiun.

Sedangkan untuk zona kuning, berdasarkan peta Gugus Tugas Pusat, yang dulunya tidak ada sama sekali, pasca PPKM, zona kuning berada di Pamekasan, Sampang dan Mojokerto.

“BOR (bed occupancy rate) sebelum PPKM sempat 80 persen, per kemarin sudah 45 persen. Untuk kasus ICU atau kasus berat sebelum PPKM 73 persen sekarang 69 persen cenderung stagnan,” terang dokter Jibril kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (5/2/2021).

Ia merincikan mengapa untuk pasien ICU yang stagnan, berdasarkan hasil penelusuran, banyak pasien ICU yang terlambat dibawa ke Rumah Sakit.

“Banyak pasien yang gejalanya berat ketika dibawa ke RS sudah susah untuk ditolong. Karena ada persepsi di masyarakat takut ke Rumah Sakit, takut dicovidkan. Padahal sebenarnya kalau cepat dibawa ke Rumah Sakit bisa cepat ditangani,” lanjutnya.

Dari hasil audit yang dilakukan kepada lima Rumah Sakit di Jawa Timur, ia menemukan sebesar 30 persen pasien yang meninggal di UGD (Unit Gawat Darurat), karena terlambat berangkat ke Rumah Sakit.(dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs