Jumat, 29 Maret 2024

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Yogyakarta, Pasien Covid-19 Berhamburan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masih berada di rumah pada Senin (28/6/2021), sekitar pukul 05.15 WIB dikejutkan guncangan gempa berkekuatan 5,3 magnitudo. Foto: Twitter/infoBMKG

Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masih berada di rumah pada Senin (28/6/2021) sekitar pukul 05.15 WIB dikejutkan dengan guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 yang membuat mereka panik dan segera berhamburan ke luar rumah.

Di antaranya seperti terjadi di “shelter” Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Saat terjadi gempa, puluhan pasien Covid-19 panik dan berhamburan sampai teras kamar. Sebagian mengenakan masker, sebagian lainnya belum sempat memakai masker.

Namun, sesaat setelah guncangan gempa berakhir, mereka segera kembali ke kamar masing-masing di bangunan empat lantai itu. “Seram. Tapi ‘kan enggak boleh turun,” kata Ayu, salah seorang penghuni shelter di lantai empat saat dihubungi melalui WhatsApp.

Gempa itu juga membuat warga Sidoagung, Godean, Sleman panik sehingga mereka berlarian ke luar rumah. Purnomo Edi salah seorang warga Sidoagung mengatakan, guncangan gempa yang dirasakan amat kencang. Saat masih beristirahat, tempat tidurnya terasa bergoyang-goyang sehingga memaksanya segera beranjak.

“Jadi aku keluar rumah, warga juga pada keluar rumah,” kata Purnomo Edi seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Tria warga Margoluwih, Godean, Sleman juga menuturkan hal serupa. Menurutnya, guncangan gempa layaknya gempa Yogyakarta pada 2006 silam meski memiliki durasi yang lebih singkat.

“Seperti pas gempa 2006 menurutku, tapi Alhamdulillah cuma sebentar,” ujar Tria.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pada 28 Juni 2021 pukul 05:15:29 WIB memang terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,3 dengan lokasi 8.56 lintang selatan – 110.58 bujur timur, dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa itu terjadi di laut pada jarak 66 kilometer arah selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, di kedalaman 61 kilometer.

Guncangan gempa bumi ini, menurut BMKG, dirasakan di daerah Bantul, Gunungkidul, Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk, Sleman, Yogyakarta, Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, dan Solo.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs