Jumat, 26 April 2024

H+2 Idulfitri 1442 H, 44 Ribu Kendaraan Meninggalkan Wilayah Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gerbang Tol Kejapanan. Foto: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat total 44.811 kendaraan meninggalkan wilayah Surabaya pada H+1 dan H+2 Idulfitri 1442 H atau hari Sabtu-Minggu (15 dan 16 Mei 2021).  Angka tersebut merupakan jumlah kendaraan yang melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Warugunung dan GT Kejapanan.

Angka ini turun 50 persen dari lalu lintas (lalin) normal sebanyak 88.948 kendaraan.

Sementara untuk distribusi lalu lintas di kedua arah adalah sebesar 36 persen menuju arah Barat dan 64 persen menuju arah Selatan, dengan rincian sebagai berikut:

Arah barat: 
Kendaraan yang meninggalkan Surabaya menuju arah Barat melalui GT Warugunung, dengan jumlah 16.060 kendaraan, turun sebesar 51 persen dari lalin normal.

Arah selatan:
Lalin meninggalkan Surabaya menuju arah Selatan melalui GT Kejapanan adalah sebesar 28.751 kendaraan, turun 49 persen dari lalin normal.

Sepanjang periode peniadaan mudik Idulfitri 1442 H tanggal 6-17 Mei 2021, Jasa Marga mengimbau kepada Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kategori dikecualikan seperti kendaraan pelayanan distribusi logistik, keperluan kerja/dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga, ibu hamil (didampingi 1 anggota keluarga) dan kepentingan persalinan untuk dapat melengkapi dokumen persyaratan antara lain Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil negatif tes RT-PCR maks 3×24 jam/hasil negatif tes Rapid Antigen maks 2×24 jam/hasil negatif Genose C19 sebelum keberangkatan.

Selain itu, Jasa Marga mengimbau agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs