Rabu, 19 Januari 2022

Hari Ini 120 Pekerja Migran Dikarantina di Asrama Haji Surabaya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pemeriksaan tes usap PCR kepada pekerja migran di Asrama Haji Surabaya. Foto: Kominfo Jatim

Sebanyak 120 pekerja migran Indonesia (PMI) dari Singapura hari ini, Selasa (27/7/2021) menjalani karantina di Asrama Haji Surabaya sebelum kembali ke kampung halaman.

Saat tiba di Asrama Haji, para pekerja migran ini langsung menjalani tes usap PCR untuk memastikan dirinya terpapar Covid-19 atau tidak.

“(PMI) datang lalu diregistrasi, di-swab PCR hasilnya (dapat diketahui) besok,” kata Sugianto Kepala Asrama Haji Surabaya dihubungi Suara Surabaya, Selasa.

Dengan kedatangan ini, total PMI yang pernah menjalani karantina di Asrama Haji sejak 28 April 2021 hingga 18 Juli 2021 sebanyak 17.713 orang dan yang positif sebanyak 769 orang.

Pihaknya menambahkan, sejak tidak digunakan untuk operasional haji, Asrama Haji Surabaya difungsikan untuk penanganan pasien Covid-19, karantina PMI dan isolasi PMI yang positif Covid-19.

Sementara untuk kegiatan pemulangan PMI, kata Sugianto, akan berjalan lancar bila pemerintah daerah PMI berasal tidak terlambat menjemput. Bila terlambat, akan berpengaruh pada kapasitas daya tampung Asrama Haji.

“Kalau sirkulasi kedatangan dan kepulangan normal, berapa saja (PMI) yang datang akan nampung gedung kita. Kalau pemulangan tersendat karena Dinas Perhubungan kabupaten/kota ada keterlambatan penjemputan, yang terjadi numpuk,” katanya.

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya menyediakan tiga hall yaitu hall A, B, dan Muzdalifah untuk menampung PMI yang datang.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
24o
Kurs