Jumat, 10 Mei 2024

Hari Ini Satgas Catat Ada Empat Rekor Tertinggi Selama Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi, pasien Covid-19. Grafis: Bram suarasurabaya.net

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, pada Selasa (6/7/2021) sore, ada empat rekor tertinggi yang tercatat dalam data penanganan pandemi Covid-19.

Empat rekor itu masing-masing, penambahan kasus harian, kasus aktif, angka kesembuhan dan angka kematian akibat infeksi Virus Corona.

Dalam keterangan pers virtual tersebut, Wiku mengungkapkan ada penambahan 31.189 kasus konfirmasi positif Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Angka tersebut tercatat sebagai yang tertinggi sejak wabah penyakit itu terdeteksi di Tanah Air.

Dengan penambahan kasus harian sebanyak itu, total sementara ada 324.597 kasus aktif. Jumlah kasus aktif itu pun memecahkan rekor.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sebelum gelombang kedua terjadi, kasus aktif tertinggi terjadi pada pada 5 Februari 2021 dengan jumlah 176.672 kasus.

Data sementara per hari ini, penduduk yang sudah pernah positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.345.018 orang.

Dari jumlah tersebut, 1.958.553 orang sudah sembuh. Bahkan, angka kesembuhan hari ini mencapai 15.863 orang, tertinggi sepanjang pandemi.

“Tingginya jumlah kasus aktif harus segera diimbangi dengan kenaikan kasus kesembuhan serta fokus untuk menekan angka kematian. Catatan Satgas, penambahan angka kesembuhan harian kali ini juga mencapai rekor tertinggi yaitu sebanyak 15.863 orang,” ujarnya.

Atas pencapaian itu, Profesor Wiku mengapresiasi seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bekerja keras merawat pasien Covid-19 sampai sembuh.

Lebih lanjut, Wiku Adisasmito menyebut jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia 24 jam terakhir bertambah 728 orang. Angka itu juga memecahkan rekor.

Sehingga, total kasus kematian akibat infeksi Virus Corona sebanyak 61.868 orang.

Untuk menekan penambahan kasus dan kematian, Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 kembali mengimbau masyarakat disiplin protokol kesehatan dan mematuhi aturan pembatasan kegiatan.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs