Rabu, 1 Desember 2021

Hari Pertama Vaksinasi Tahap Ketiga, 900 Lebih Penyandang Disabilitas dan ODGJ di Surabaya Sudah Divaksin

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Hari pertama vaksinasi tahap ketiga untuk sasaran penerima disabilitas dan odgj di Surabaya dimulai pada Rabu (3/6/2021). Foto: Istimewa

Program Vaksinasi Nasional Covid-19 memasuki tahap III dengan kelompok prioritas penerima untuk para penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Di Surabaya, hari pertama tahap ketiga dilaksanakan mulai Rabu (2/6/2021). Berdasarkan pengamatan dan data dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya pada hari pertama tahap III, warga yang masuk kategori rentan ini sangat antusias menerima vaksin Covid-19.

Febria Rachmanita, pada Kamis (3/6/2021) merinci, dalam satu hari kemarin sudah berhasil memberikan vaksin kepada 916 orang. 481 orang di antaranya penyandang disabilitas dan 435 orang lainnya ODGJ.

“Target sasaran penyandang disabilitas di Kota Surabaya sebanyak 5.394 orang. Sedangkan untuk ODGJ sebanyak 3.671 orang,” terang Feni.

Feni juga menjelaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para penyandang disabilitas dilakukan di puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah mereka masing-masing.

Sedangkan khusus untuk pasien ODGJ, vaksinasi akan diberikan oleh petugas puskesmas dengan mendatangi lokasi di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos).

“Vaksinasi tahap ketiga ini diberikan berdasarkan data dari Dinas Sosial, dikhususkan kepada ODGJ yang berusia di atas 18 tahun,” ujar Feny

Feny meminta kerja sama dan dukungannya kepada seluruh peserta vaksin tahap III ini. Ia berharap mereka tidak menolak dan menunda pelaksanaan vaksinasi. Sebab, vaksin tersebut penting dilakukan agar masyarakat memiliki antibodi sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Feny juga mengimbau warga tidak perlu cemas dan khawatir, terhadap pemberian vaksin agar warga sehat dan Surabaya bisa terbebas dari pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Feny menerangkan, berdasarkan data kumulatif cakupan vaksinasi Covid-19 di Surabaya, hingga Rabu kemarin, jumlah totalnya sudah mencapai 1.114.069 jiwa. Rinciannya, 91.476 orang dari SDM Kesehatan (SDMK), kemudian 623.140 pelayanan publik serta 398.537 orang lanjut usia (lansia).

Pihaknya juga terus melakukan percepatan vaksinasi ini supaya seluruh warga Surabaya mendapatkan vaksin secara bertahap.

Selain para penyandang disabilitas dan ODGJ, sesuai rencana vaksinasi tahap III ini juga akan menyasar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dan penghuni rusun yang dikelola oleh Pemkot Surabaya.

Rencananya, MBR ini akan disuntik mulai 5 Juni 2021, kemudian untuk penghuni rusun akan dimulai padal 6 Juni 2021. (ton/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 1 Desember 2021
30o
Kurs