Jumat, 29 Maret 2024

Hati-Hati, Tidur dengan Rambut Basah Bisa Sebabkan Kerusakan dan Penyakit

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Health Harvard

Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan kerusakan besar pada rambut Anda, walau memang tak akan menyebabkan Anda terkena pilek, kata Steven D. Shapiro pakar dermatologi.

Saat akar rambut Anda basah, batang rambut akan melunak sehingga melemahkan helai rambut dan membuatnya lebih mudah patah dan rontok saat Anda menempatkan kepala di atas bantal.

Lalu, apabila Anda sudah memiliki masalah rambut rontok, Alopecia Areata (penyakit kulit autoimun), atau hipotiroidisme, maka rambut lebih rentan rusak saat dibawa tidur dalam kondisi basah.

Di sisi lain, rambut basah menyebabkan kulit basah, yang berpotensi menyebabkan pertumbuhan bakteri, jamur berlebihan apabila tetap lembab untuk jangka waktu yang lama.

Hasilnya, risiko perkembangan folikulitis (radang folikel rambut) dan Seborrhea (penyebab ketombe) meningkat.

“Begitu infeksi muncul, peradangan meningkat, yang selanjutnya dapat melemahkan rambut,” kata Shapiro seperti dikutip Antara dari Shape.

Tidur dengan rambut basah juga bisa menyebabkan rambut Anda terasa berminyak di pagi hari. Sama seperti ketika berenang dalam waktu lama yang bisa mengeringkan kulit Anda, terlalu banyak air yang menempel di permukaan kulit kepala (dengan tidur dengan rambut basah) sebenarnya dapat menyebabkan kulit di kepala Anda kering.

“Kemudian kulit kering dapat mengaktifkan kelenjar minyak untuk mengimbangi kekeringan. Kulit kepala memiliki banyak kelenjar minyak, jadi ini kondisi umum. Pada dasarnya, tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan lingkaran setan kerusakan dan minyak,” kata Shapiro.

Tetapi, apabila tidak ada waktu banyak untuk mengeringkan waktu sebelum tidur ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan kerusakan, salah satunya memanfaatkan kondisioner rambut.

Produk ini akan menutrisi dan melembapkan kembali rambut yang telah mengering karena terkena air. Setelahnya, tunggu setidaknya 10-15 menit atau dalam situasi yang ideal sampai helai rambut Anda 80 persen kering.

Anda bisa mengeringkan rambut dengan handuk. Caranya, bungkuslah rambut Anda dengan handuk tanpa harus menggosok rambut.(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs