Jumat, 19 April 2024

Hoax Pengecekan Bantuan PPKM Lewat Website

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Unggahan Kementerian Sosial menanggapi beredarnya pesan berantai hoaks mengenai link website pengecekan kepesertaan bantuan PPKM. Foto: Instagram/kemensosri

Beberapa waktu terakhir, beredar pesan berantai bahkan ada juga di media sosial, yang berisi link untuk mengecek daftar nama penerima bantuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dalam pesan tersebut tertulis “Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap
http://bungappkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli. Program ditutup 3 Hari Lagi“.

Berdasarkan penelusuran suarasurabaya.net, melalui akun instagram resmi @kemensosri, Kementerian Sosial menegaskan tidak pernah menyediakan website untuk pendaftaran penerima bantuan.

Informasi itu tertulis, “Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website untuk mendaftaran penerima bantuan sosial Rp300.000. Apalagi berbentuk pesan berantai.

Dalam unggahan itu, Kemensos mengimbau masyarakat untuk berhenti membagikan pesan berantai tersebut.

“Jika kalian mendapatkan pesan di atas, stop di kamu, ya. Jangan disebarluaskan karena itu hoaks. Yuk pastikan saring sebelum sharing!” tulisnya.

Unggahan Kementerian Sosial menanggapi beredarnya pesan berantai hoaks mengenai link website pengecekan kepesertaan bantuan PPKM. Foto: Instagram/kemensosri

Kemensos menegaskan, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu/bulan melalui PT Pos Indonesia. Sedangkan untuk mengecek kepesertaan BTS, masyarakat dapat mengakses website resmi https://cekbansos.kemensos.go.id.

Berdasarkan hasil penelusuran suarasurabaya.net pada Sabtu (10/7/2021) pagi, website palsu tersebut pada pukul 09.00 WIB tidak dapat diakses.(tin/ipg)

Link tidak dapat diakses. Foto: suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs