Kamis, 28 Maret 2024

Isolasi Mandiri, Wali Kota Mojokerto Tetap Memimpin Agenda Pemerintahan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ika Puspita Sari Wali Kota Mojokerto saat video virtual dalam pelaksanan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat pimpinan tinggi pertama, administrator, pengawas dan fungsional di Pendopo Rumah Rakyat, Mojokerto, Selasa (29/12/2020). Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Ika Puspitasari Wali Kota Mojokerto Rabu (29/12/2020) lalu mengumumkan bahwa dirinya terpapar Covid-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri. Meski demikian, dia tetap aktif memimpin pemerintahan.

Melalui video yang dia unggah di akun Instagram-nya @ningita_, wali kota perempuan yang juga aktivis Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu berbagai pengalaman isolasi mandiri.

”Ini hari pertama isolasi mandiri karena seperti teman-teman ketahui semuanya, saya positif Covid-19,” tulis Ning Ita, sapaan akrabnya, menyertai video aktivitas isolasi mandirinya itu.

Selama isolasi mandiri, seperti dalam video yang dia unggah, dia melakukan gerakan senam dan berjemur di bawah terik sinar matahari. Dia berharap virus di tubuhnya segera pergi.

“Saya baru melakukan gerakan-gerakan senam dan berjemur di bawah terik matahari selama kurang-lebih 30 menit sebagai ikhtiar, semoga Allah segera mengangkat virus Covid-19 dari tubuh saya,” ujarnya.

Meski sedang menjalani isolasi mandiri, Ning Ita tetap menjalankan sejumlah agenda pemerintahan. Seperti pada saat itu, misalnya dia memimpin dua rapat secara virtual atau secara daring.

Dua rapat yang dia pimpin itu antara lain Rapat Analisa Dan Evaluasi (anev) serta rapat koordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto.

”Menyelesaikan tugas di tahun 2020. Pokoknya tetap semangat sehat, semangat mengemban amanah, semangat berolahraga. Semoga Covid-19 segera selamat tinggal,” katanya.

Kepada warga Kota Mojokerto, dia berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan karena Pandemi Covid-19 belum tuntas. Dia pun menyemangati warga yang sedang menjalani isolasi mandiri seperti dirinya.

”Tetap semangat. Jangan stres. Bersama kita saling menguatkan. Mohon doanya juga, supaya yang sehat semakin kuat, dan yang sakit segera diberi kesehatan,” pesan Ning Ita kepada warga.

Perempuan yang telah mengantarkan Kota Mojokerto masuk jajaran kota terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2020 yang digelar Kemendagri itu pun memberikan sejumlah tips.

Seperti yang dia lakukan, dia sarankan warga yang menjalani isolasi mandiri untuk melakukan senam dan lari kecil atau gerakan tubuh lainnya, yang penting supaya tubuh berkeringat.

”Tidak terlalu berat, yang penting berkeringat. Biasanya saya lanjutkan dengan 30 menit berjemur, dengan posisi telapak tangan menekan ulu hati. Untuk meningkatkan imun,” kata dia.

Sembari bersenam dan berjemur di bawah terik matahari, Ning Ita menyarankan agar masyarakat mengiringi dengan musik santai. Seperti dalam video yang dia unggah di Instagram pribadinya.

”Ini adalah salah satu musik yang mengiringi gerakan dalam senam pagi hari ini, agar tetap bahagia, selalu fresh. Dengan musik yang enak didengar ini InsyaAllah imunitas terjaga dengan baik,” ujarnya.

Dia juga menyarankan untuk terus mengonsumsi vitamin dan ramuan herbal seperti jahe, serai, madu, dan lemon. Selain itu juga mengonsumsi probiotik tiga kali sehari.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs