Sabtu, 20 April 2024

Jelang Hari Raya, Khofifah dan Gus Ipul Kompak Cek Harga Sembako di Pasuruan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bersama Gus Ipul Wali Kota Pasuruan mengecek harga bahan kebutuhan di Pasar Besar Pasuruan, Minggu (9/5/2021). Foto: Humas Pemprov Jatim

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur meninjau sejumlah pasar untuk memantau stabilitas harga dan mendengarkan keluhan pedagang pasar.

Kali ini, Minggu (9/5/2021), Khofifah meninjau Pasar Besar Pasuruan bersama Saifullah Yusuf Wali Kota Pasuruan. Di lokasi, keduanya kompak saat keliling dan berinteraksi dengan pedagang.

Khofifah kembali mengingatkan, sampai saat ini stok logistik dan sembako dalam posisi aman dan untuk harga relatif stabil kecuali daging ayam yang dia akui sedikit ada kenaikan meski tidak tinggi.

Harga jenis bahan pokok seperti gula, beras, minyak, telur, dan daging cenderung stabil. Berbeda dengan harga komoditi seperti daging ayam dalam dua hari ini mengalami kenaikan tapi tidak terlalu tinggi.

“Sejauh ini harga daging relatif stabil, kecuali daging ayam yang sedikit naik. Ini akan sangat membantu bagi ibu-ibu rumah tangga karena bahan pangan pokok tersedia cukup aman dengan harga yang stabil,” katanya.

Gubernur Khofifah mengapresiasi Kota Pasuruan yang bikin aplikasi kepastian harga ditampilkan di sudut pasar. Menurutnya, itu memudahkan masyarakat memantau perkembangan harga.

“Kita bisa lihat ada runing text yang bisa memudahkan mengetahui berapa harga jika ingin membeli telur. Lewat proses digitalisasi sistem, masyarakat bisa mendapatkan kepastian harga. Begitu juga kepada pedagang harus sesuai dengan harga yang di-publish. Tidak bisa karena permintaan tinggi harga dinaikkan dan sebagainya,” tegasnya.

Sementara itu, trend perkembangan harga barang kebutuhan Pokok di Jatim sampai dengan Mei 2021 menunjukan kondisi yang mengalami Fluktuasi.

Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Barang Kebutuhan Pokok (Siskaperbapo) per 8 Mei 2021 sejumlah komoditas di Bulan Mei mengalami penurunan harga.

Antara lain cabai keriting kini Rp36.402 per kilogram (turun 22,6 persen), cabai merah Besar Rp37.401 per kilogram (turun 22,77), cabai rawit rata-rata Rp46.463 per kilogram (Turun 19,6 persen).

Sedangkan komoditas telur ayam rata-rata Rp21.901 per kilogram (turun 3,8 persen), daging ayam broiler rata-rata Rp35.678 per kilogram (turun 2,7 persen) dan daging sapi rata-rata jawa timur Rp110.504 per kilogram (turun 0,85 persen).

Tak hanya meninjau harga kebutuhan pokok di pasar, Khofifah juga menyatakan akan memberi bantuan keuangan untuk renovasi infrastruktur Pasar Besar Kota Pasuruan dari APBD Provinsi.

“Insya Allah kami akan support bantuan keuangan untuk renovasi sebagian pasar disini,” kata Khofifah setelah meninjau lokasi pasar dan mengecek harga bersama Gus Ipul Wali Kota Pasuruan.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs