Selasa, 7 Mei 2024

Jelang Pensiun, Panglima TNI Pamitan Kepada Perwira TNI AL Wilayah Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Panglima TNI sebelum memasuki masa pensiun bertemu sejumlah perwira TNI AL Wilayah Surabaya. Foto: Dispen Koarmada II

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menemui para perwira TNI Angkatan Laut di geladak heli KRI Makassar-590 Surabaya.

Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) ikut serta mendampingi bersama sejumlah pejabat utama Mabesal dan Mabes TNI. Selain itu pimpinan Kotama TNI AL di Surabaya juga tampak ikut hadir, di antaranya Nurhidayat Komandan Kodiklatal Laksdya TNI, Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) Pangkoarmada II Laksda TNI, (Mar) Nur Alamsyah Gubernur AAL Mayjen TNI, serta Edwin Komandan Puspenerbal Laksda TNI.

Tatap muka yang diikuti sekitar 200 perwira berpangkat Kolonel ke atas ini, sekaligus menjadi ajang pamitan bagi Panglima TNI yang memasuki masa pensiun terhitung mulai tanggal 1 Desember 2021 mendatang.

Kepada para perwira TNI AL, Marsekal Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin tiga matra TNI selama kurun waktu empat tahun. Khususnya prajurit matra laut yang hampir selama ini terus mendukung pelaksanaan tugas pokok dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas negara yang cukup berat, mulai dari ancaman non alam maupun operasi-operasi yang dilaksanakan.

Mantan Kepala Staf TNI AU ini menuturkan bahwa kehadirannya di Surabaya juga menjadi semacam mengulas kenangan, terutama waktu saat mengikuti seleksi pendaftaran menjadi anggota TNI.

Menurut Marsekal Hadi, Surabaya adalah model miniatur Angkatan Laut secara keseluruhan karena semuanya ada di Surabaya, mulai dari Kodiklatal, AAL, Koarmada II, Puspenerbal, Pasmar, Lanudal, Lantamal V di mana hal tersebut juga menjadi miniatur interoperabilitas TNI dalam konsep operasi gabungan.

“Saya meyakini bahwa ke depan TNI Angkatan Laut akan semakin maju dengan berkembangnya teknologi informasi, dan berkembangnya teknologi-teknologi kekinian. Banyak peralatan militer yang tidak begitu besar yang kecil tingkat Nano inilah yang akan kita selalu kembangkan dan kita gunakan. Namun dengan begitu besarnya tanggung jawab angkatan laut maka peralatan-peralatan perang pun tetap harus kita kembangkan baik kapal atas permukaan maupun kapal di bawah permukaan,” tegas Marsekal Hadi.

“Banyak permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini yang harus menjadi perhatian kita. Dan saya yakin dengan tekad yang kuat dari Kepala Staf Angkatan Laut untuk mengembangkan angkatan laut ke depan dengan tanggung jawab yang luas. Dua pertiga wilayah kita dalam perairan, konsep yang akan dikembangkan saya yakin akan menuju kepada Indonesia yang maju, dan menjadikan Angkatan Laut yang semakin besar yang semakin disegani di kawasan,” tandas jenderal bintang empat kelahiran Malang, 58 tahun silam ini.

Sementara itu di sisi lain, Yudo Margono Kasal Laksamana TNI mengungkapkan rasa terima kasih kepada Panglima TNI yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir di tengah kesibukan.

“Kami semua para prajurit laut yang telah bersama-sama selama 4 tahun, telah merasakan kepemimpinan Bapak Panglima dan meneladani kepemimpinan Panglima. Saya sendiri yang sudah merasakan sejak menjadi Pangkolinlamil, Pangkoarmada I, Pangkogabwilhan sampai saat ini menjabat Kasal sangat paham bagaimana beliau memimpin dengan Humanis, bagaimana memimpin dengan konsisten pada tugas pokok yang diemban. Sehingga kami dapat melaksanakan program-program pokok TNI AL dengan baik berkat kepemimpinan Bapak Panglima,” tutur Kasal.

“Kami semua juga mengucapkan terima kasih atas semuanya, baik kebijakan, baik kepemimpinan, baik keteladanan. Sehingga kami hanya dapat mengucapkan selamat dan terima kasih yang tak terhingga atas apa yang diwariskan oleh Bapak,” pungkas Kasal.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs