Jumat, 26 April 2024

Jembatani Kendala Mahasiswa Saat Pandemi, UK Petra Gelar POF

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petra Online Festival digelar UK Petra jembatani mahasiswa yang terkendala pandemi Covid-19. Foto: Humas UK Petra

Petra Online Festival (POF) digelar Petra Career Center (PCC) dan Office of Institutional Advancement (OIA) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya untuk menjawab tantangan berbagai hal di masa pandemi Covid-19.

POF dilaksanakan daring dan puncaknya pada 27 Agustus 2021, bertujuan sebagai gentle reminder tentang kampus UK Petra sebagai rumah kedua.

Di tengah-tengah ketidakpastian yang kita hadapi saat ini, UK Petra hadir sebagai kepastian bagi calon Petranesian, Petranesian aktif dan Petranesian alumni.

“Ini diwakili dengan rangkaian acara di dalamnya,” terang Jessie Monika Training Coordinator Petra Career Center UK Petra, Jumat (20/8/2021).

POF terdiri dari berbagai rangkaian acara menarik, empat kegiatan besar dalam POF yaitu Workshop, Market, Start-up, dan Fundraising Concert.

Untuk kegiatan workshop, POF bekerja sama dengan sejumlah program studi, di antaranya 1-minute video storytelling oleh Program Studi Sastra Inggris, Teraphy: Promoting Learning Engangement at Home oleh Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IoT Maker oleh Program Internet of Things, Digital Business Modelling Class oleh Program Business Management, serta Cooking Class oleh Program Hotel Management.

Untuk kegiatan market, bekerja sama dengan Apkrindo dan UMKM Petranesian.

Terdiri dari dua bentuk acara yaitu Petra Online Market (POM) dan Kelas Online Pembekalan Pengembangan Usaha/UMKM. Pada kegiatan start-up terdiri dari tiga webinar series.

Satu di antaranya bertajuk How to build a start-up menghadirkan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Disampaikan Prof. Nizam pada paparannya menyoal program-program yang telah disiapkan pemerintah untuk mendukung mahasiswa menjadi SDM unggul.

Menurut Prof. Nizam, minat dan potensi wirausaha generasi milenial yang besar perlu didukung dan difasilitasi melalui tata kelola pendidikan tinggi yang mendukung program kewirausahaan mahasiswa.

“Pesan saya bagi adik-adik mahasiswa, dunia dan masa depan kalian sangat luas, jangan sampai potensi dan dunia ini kalian sempitkan sendiri. Saya juga mohon pada rektor serta pimpinan dan rekan-rekan dosen di UK Petra untuk memastikan menyalurkan dan mengembangkan potensi-potensi mahasiswa yang luar biasa ini, ” papar Prof. Nizam.

Sementara itu disampaikan Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito Rektor UK Petra menyampaikan, mayoritas dari alumni UK Petra bekerja sebagai wirausahawan.

Tetapi dalam tahun-tahun terakhir UK Petra memandang sangat serius untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat memanfaatkan teknologi untuk berinovasi dalam dunia bisnis.

Sejak 2018, UK Petra telah memiliki Sentra Inovasi & Kewirausahaan dan saat ini berfokus pada bidang IT dan energi terbarukan.

“Kami juga memiliki unit yang membina kewirausahaan khususnya di Fakultas Bisnis dan Ekonomi, salah satu jalur yang dapat dipilih mahasiswa dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah merintis start-up, ” terang Prof. Djwantoro.

Fundraising Concert yang digelar pada 27 Agustus 2021, adalah puncak acara POF. Konser dimeriahkan oleh band-band Petranesians dan diselenggarakan secara hibrida di mana performers akan berada di kampus Q sementara penonton di rumah.

Seluruh hasil penjualan tiket dan donasi akan dikonversikan menjadi program beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa UK Petra yang terdampak Covid-19 secara ekonomi.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs