Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Lantik Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden membacakan sumpah/janji jabatan Dewan Pengarah BRIN, Rabu (13/10/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (13/10/2021) melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Istana Negara, Jakarta.

Sepuluh orang yang dilantik untuk masa jabatan lima tahun, masing-masing Megawati Soekarnoputri sebagai ketua, Sri Mulyani Indrawati dan Suharso Monoarfa swakil ketua, dan Sudhamek Agung Waspodo Sunyoto sebagai sekretaris.

Kemudian, ada nama Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsudi Wahyu Kesworo, dan Tri Mumpuni sebagai anggota.

Prosesi pelantikan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Semua yang ada di lokasi acara wajib menjaga jarak, memakai masker, dan berinteraksi tanpa kontak fisik.

“Saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada nama-nama tersebut.

Sekadar informasi, BRIN merupakan badan yang menaungi sejumlah lembaga riset milik pemerintah, antara lain Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Badan Tenaga Nuklir Nasional.

BRIN bertugas membantu Presiden menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi.

Selain itu, BRIN juga membantu Presiden urusan penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan secara nasional dan terintegrasi.

Sebelumnya, BRIN dipimpin Bambang Brodjonegoro waktu menjabat Menteri Riset dan Teknologi. Sekarang, Laksana Tri Handoko mendapat tugas sebagai Kepala BRIN.

BRIN merupakan amanat Undang-Undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Aturan turunannya berupa Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021.

Berikut nama-nama para Dewan Pengarah BRIN yang dilantik:

1. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri sebagai ketua;
2. Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan sebagai wakil ketua;
3. Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sebagai wakil ketua;
4. Dr. (H.C.) Drs. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto, S.H., sebagai sekretaris;
5. Prof. Emil Salim, M.A., Ph.D., sebagai anggota;
6. Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., sebagai anggota;
7. Bambang Kesowo, S.H., LL.M., sebagai anggota;
8. Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH, Ph.D., sebagai anggota;
9. Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, sebagai anggota;
10. Ir. Tri Mumpuni sebagai anggota.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs