Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Minta Insan Perfilman Menjaga Semangat Perjuangan Usmar Ismail

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, Rabu (10/11/2021) malam, menghadiri acara Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, yang berlangsung di Jakarta Convention Center(JCC), Jakarta Pusat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, Rabu (10/11/2021) malam, menghadiri acara Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, yang berlangsung di Jakarta Convention Center(JCC), Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Presiden menyebut jasa besar Haji Usmar Ismail dan Djamaludin Malik dalam dunia perfilman nasional.

Dua tokoh tersebut juga yang menggagas Festival Film Indonesia sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi buat karya dan insan perfilman Indonesia.

Sebagai bentuk penghargaan negara, pada peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021), Jokowi resmi memberikan Gelar Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail.

Presiden berharap, insan perfilman Indonesia terus menjaga semangat perjuangan Usmar Ismail, dengan menciptakan karya-karya film terbaik.

Lebih lanjut, Jokowi berpesan supaya karya film nasional menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri, sebagai bangsa dengan beragam kekayaan budaya.

“Semangat kejuangan para pahlawan, para pejuang kebudayaan dan Bapak Perfilman Indonesia harus terus kita jaga dengan menciptakan karya-karya berkualitas yang menunjukkan keunggulan dan karakter jati diri kita sebagai bangsa dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi Presiden mengaku sangat bangga, karena di masa pandemi Covid-19, film Indonesia mengukir prestasi di kancah film internasional, mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara.

Antara lain, Edwin dengan karya “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” yang menjadi pemenang Golden Leopard Locarno Film Festival.

Kemudian, Kamila Andini dengan karya berjudul “Yuni” yang memenangkan Platform Prize Toronto Internasional Film Festival.

Selain itu ada juga Tumpal Tampubolon, melalui karya “Laut Memanggilku” yang memenangkan Sonje Awards Busan International Film Festival, dan Monika Tedja, melalui karya “Dear to Me” memenangkan Junior Jury Award, Special Mention Open Doors Shorts Locarno Film Festival.

“Ini sangat luar biasa. Sekali lagi, saya sangat mengapresiasi dan saya berharap para sineas, para aktor, para aktris, dan seluruh stakeholder perfilman Indonesia terus memupuk mimpi besar, menguatkan kolaborasi dengan pusat-pusat perfilman dunia, menggali dan mengangkat cerita unik, tempat indah, juga talenta-talenta hebat kita,” katanya.

Reza Rahadian Ketua Komite Festival Film Indonesia menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Usmar Ismail.

Aktor nasional itu juga menegaskan, tantangan yang disebabkan pandemi Covid-19 bukan halangan untuk menciptakan mahakarya perfilman Tanah Air.

“Dalam perubahan yang terjadi, insan perfilman Indonesia tetap berjuang untuk berkarya, serta tetap memberikan apresiasi tertinggi kepada insan perfilman Indonesia,” tegasnya.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs