Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Resmikan RS Khusus Covid-19 di Jakarta Inisiasi Pertamina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden pada Jumat (6/8/2021), meresmikan rumah sakit khusus perawatan pasien Covid-19 bernama Rumah Sakit Modular Pertamina, yang berlokasi di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Jumat (6/8/2021) siang, meresmikan rumah sakit khusus perawatan pasien Covid-19 bernama Rumah Sakit Modular Pertamina, yang berlokasi di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Rumah sakit yang berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektare itu merupakan inisiatif PT Pertamina perusahaan minyak milik negara.

Dengan luas bangunan mencapai 11.300 meter persegi, rumah sakit tersebut punya kapasitas 305 tempat tidur, yang terdiri dari tempat tidur isolasi, tempat tidur High Care Unit (HCU), dan Intensive Care Unit (ICU).

Di rumah sakit itu juga ada ruang ICU khusus ibu, anak-anak, dan bayi, sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan buat ibu dan anak yang terjangkit Covid-19.

Sesudah melihat fasilitas yang tersedia, Presiden menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang menyiapkan rumah sakit khusus pasien Covid-19, khususnya PT Pertamina dan Kementerian BUMN.

Jokowi berharap rumah sakit khusus pasien Covid-19 itu bisa membantu penanganan wabah Virus Corona di Tanah Air, dan bermanfaat buat masyarakat luas.

“Saya sangat berterima kasih kepada Menteri BUMN, kepada Pertamina yang telah menyiapkan Rumah Sakit Modular Pertamina. Lebih bagus lagi ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi, dan ibu-ibu sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Saya sangat mengapresiasi, sekali lagi, semoga ini bisa bermanfaat bagi rakyat, bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga bersyukur atas penurunan angka penyebaran Virus Corona dan keterisian ranjang perawatan di rumah sakit di DKI Jakarta, serta sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Bali.

Kepala Negara menyebut, tingkat keterisian tempat tidur di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran yang delapan pekan lalu sempat mencapai 90 persen, sekarang keterisiannya sekitar 25 persen.

Walau pun ada sedikit penurunan indikator pandemi, Jokowi Presiden tetap mengingatkan masyarakat waspada terhadap penularan Covid-19, dan disiplin protokol kesehatan.

Sementara itu, Nicke Widyawati Direktur Utama PT Pertamina yang hadir di lokasi berharap kehadiran Rumah Sakit Modular Pertamina bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan buat masyarakat yang terpapar Covid-19.

Sekadar informasi, Rumah Sakit Modular Pertamina mulai dibangun 9 Juli 2021 dan akan dioperasikan perdana sore hari ini di bawah kendali RS Pelni selaku anak perusahaan PT Pertamina Bina Medika atau Pertamedika IHC.

Rumah Sakit Modular Pertamina akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan buat pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat, di Ibu Kota.

Total tenaga kesehatan dan tenaga medis yang terlibat dalam operasional Rumah Sakit Modular Pertamina sebanyak 800 orang.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs