Selasa, 23 April 2024

Jokowi Resmikan Tugu Api dan Patung Bung Karno di Kantor Prabowo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden didampingi Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, meresmikan Tugu Api dan Patung Bung Karno, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden RI pada Selasa (9/11/2021) sore, meresmikan Tugu Api dengan nama “Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam” yang berada di Lapangan Bela Negara, Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Persis di depan tugu api tersebut, ada Patung Soekarno Presiden Pertama Republik Indonesia, sebagai penghormatan atas jasa besar Bung Karno selaku tokoh penting kemerdekaan Indonesia.

Dalam pidatonya, Presiden bilang, tugu itu merupakan pengingat buat seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat menjaga Pancasila, menjaga persatuan kesatuan, kerukunan nasional, dan semangat untuk terus berinovasi memajukan negeri.

Sebagai bangsa besar, lanjut Jokowi, Indonesia harus bisa berbuat banyak untuk kepentingan dunia, dan membuktikan diri layak menjadi pemimpin di pentas global.

Menurut Presiden, semua cita-cita Bangsa Indonesia bisa terwujud asalkan semangat perjuangan terus menyala, jangan sampai padam.

“Keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam ini adalah salah satu pengingat kobaran semangat kita, semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers dan membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan menjelaskan, patung Bung Karno menunggang kuda menggambarkan peristiwa inspeksi pasukan pada Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang, 5 Oktober 1946, di Yogyakarta.

Api yang tidak pernah padam, kata Prabowo, simbol dari semangat, harapan, keberanian, dan gairah Bangsa Indonesia untuk mencintai Tanah Air, dan rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI.

Selain itu, tugu api juga simbol semangat untuk terus membangun bangsa dan negara, demi mewujudkan Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Megawati Soekarnoputri Presiden ke-5 RI yang juga putri Bung Karno secara virtual, Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra putra Bung Karno.

Kemudian, sejumlah pimpinan lembaga negara, Anwar Usman Ketua Mahkamah Konstitusi, Muhammad Syarifuddin Ketua Mahkamah Agung, dan Mukti Fajar Nur Dewata Ketua Komisi Yudisial.

Dari jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, ada Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri.

Kemudian, hadir di lokasi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
27o
Kurs