Sabtu, 4 Desember 2021

Jokowi Targetkan Kekebalan Kelompok Masyarakat Jakarta Tercapai Agustus 2021

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden berbincang dengan Budi Gunadi Sadikin Menkes dan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, sesudah melihat proses vaksinasi massal di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Senin (14/6/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memerintahkan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan untuk mewujudkan kekebalan kelompok Warga Jakarta terhadap Covid-19, pada Agustus 2021.

Instruksi itu disampaikan Presiden, pagi hari ini, Senin (14/6/2021), di sela acara memantau pelaksanaan program vaksinasi untuk masyarakat di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Untuk mencapai target tersebut, Jokowi meminta Anies Baswedan dan Budi Gunadi meningkatkan jumlah yang mendapat suntikan vaksin sampai 100 ribu orang per hari, mulai pekan depan.

“Kita harapkan DKI Jakarta mulai minggu depan satu hari target yang kita berikan 100 ribu per hari bisa dicapai karena kita ingin mengejar herd immunity,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden juga perintahkan Gubernur DKI dan Menteri Kesehatan memperkuat koordinasi, manajemen, dan memastikan ketersediaan vaksin.

Selain untuk mewujudkan kekebalan kelompok, peningkatan jumlah orang yang mendapat suntikan vaksin, kata Jokowi juga diharapkan bisa mengerem laju penularan Covid-19 di Jakarta.

Berdasarkan data, per 13 Juni 2021, sudah 20,1 juta penduduk Indonesia yang menerima vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, baru 11,5 juta orang sudah menerima dua dosis vaksin.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi untuk menciptakan kekebalan kelompok, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Terkait stok vaksin, per tanggal 11 Juni 2021, pemerintah sudah mengamankan 94,7 juta dosis vaksin untuk program vaksinasi nasional, baik yang gratis mau pun berbayar lewat Program Vaksinasi Gotong Royong.

Sebelumnya, Jokowi Presiden menargetkan 700 ribu dosis vaksin disuntikkan per hari pada bulan Juni, dan meningkat jadi satu juta dosis per hari pada bulan Juli mendatang.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
29o
Kurs