Jumat, 1 Juli 2022

Kantong Plasma Konvalesen Belum Datang, Skrining Pendonor Dihentikan Sementara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor plasma konvalesen saat ini semakin banyak didatangi penyintas Covid-19 yang akan berdonor. Foto: Totok/dok suarasurabaya.net

Ketersediaan kantong plasma konvalesen sampai hari Sabtu (4/9/2021) di PMI Surabaya belum mengalami penambahan. Akibatnya pelaksanaan skrining plasma konvalesen untuk sementara dihentikan.

“Mohon maaf. Kami memang untuk sementara harus menghentikan skrining donor plasma konvalesen. Dikarenakan sampai Sabtu (4/9/2021) ini kantong plasma konvalesen kosong dan belum ada tambahan dari pusat,” terang Triksi Hendria Humas PMI Surabaya.

Kata Triksi, jika skrining dilakukan tetapi kemudian tidak ada bags atau kantong plasma konvalesen, maka akan sia-sia.

“Karena biasanya, dua atau tiga hari setelah skrining, penyintas boleh mendonorkan plasmanya. Kalau kantong belum ada, skrining tidak perlu dilakukan,” tambah Triksi.

Kekosongan kantong plasma konvalesen sudah berlangsung beberapa hari. Sebelumnya stok kantong plasma konvalesen jumlahnya terus menipis, sampai akhirnya kosong. Upaya koordinasi dengan PMI pusat sudah dilakukan. Tapi sampai hari ini belum ada tanda-tanda bakal dilakukan penambahan.

Padahal, lanjut Triksi animo para penyintas Covid-19 yang ingin mendonorkan plasma konvalesen belakangan ini terus bertambah jumlahnya. “Karena itu skrining untuk penyintas yang akan donor plasma sementara kami hentikan,” ujar Triksi.

Ketika ditanya kapan layanan skrining plasma konvalesen di PMI Surabaya kembali digelar, Triksi memastikan sampai dengan penambahan kantong plasma konvalesen sudah ada.

“Kami tetap menunggu penambahan bags plasma. Sampai ada penambahan, layanan skrining plasma konvalesen bakal segera dibuka lagi, ” tegas Triksi.

Sementara itu, terkait stok plasma konvalesen dan stok darah di PMI Surabaya, Triksi menyampaikan bahwa jumlahnya masih aman.

“Plasma konvalesen jumlahnya aman. Stok tersedia. Demikian juga dengan darah, stok persediaan darah berbagai jenis dan golongan, Alhamdulillah mencukupi,” tutup Triksi.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
32o
Kurs