Selasa, 18 Januari 2022

Kasal: Armada RI Harus Mampu Menggetarkan Lawan Maupun Kawan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut saat melakukan pemeriksaan barisan peserta upacara peringatan Hari Armada 2021. Foto: Dispen Koarmada II

Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) mengatakan bahwa sebagai ksatria pengawal samudera, Armada Republik Indonesia harus mampu menunjukkan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut.

“Satu yard pun tidak akan kita mundur karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh meskipun nyawa taruhannya,“ ujar Kasal saat menyampaikan amanatnya sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021, yang digelar terpusat di Dermaga Madura Ujung, Markas Komando Armada II Surabaya, Senin (6/12/2021).

Hari Armada yang sejatinya jatuh pada tanggal 5 Desember ini, diperingati secara meriah. Terlihat dari aksi demonstrasi gabungan pasukan khusus TNI-Polri Full Mission Profile dan Fun Jump yang melibatkan Satkopaska, Taifib, Denjaka, Satgultor Kopassus, Tontaipur Kostrad, Denbravo Paskhas, dan Gegana Brimob, serta aksi 41 penerjun. Demo tersebut juga menjadi simbol dari integritas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan bahwa sebagai Prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat untuk menjaga lautan nusantara, karena Armada RI adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, “Bangsa Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang kuat, tidak bisa menjadi negara yang kuat, jika tidak menguasai Samudra, jikalau tidak kembali menjadi bangsa maritim”.

Hari Armada RI tahun 2021 yang mengusung tema: Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju ini ,merupakan wujud dari upaya pelestarian nilai-nilai kejuangan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam pengabdiannya untuk melahirkan dan membesarkan Armada RI. Keteladanan dari para sesepuh ini menjadi pegangan bagi generasi penerus saat ini dan di masa mendatang.

Upacara Hari Armada RI ini dipimpin Komandan Upacara (Danup) Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin yang sehari-harinya menjabat Komandan Lanal Ternate, Lantamal XIV Sorong Koarmada III, dengan melibatkan pasukan upacara sebanyak 1.020 personel, dengan background upacara beberapa KRI diantaranya KRI Ahmad Yani-351, KRI Diponegoro-365, dan KRI Usman Harun-359.

Usai pelaksanaan upacara, Kasal berkesempatan berdialog secara virtual dengan para prajurit TNI AL yang bertugas di KRI SIM yang saat ini sedang bertugas di MTF/Lebanon, KRI Bung Tomo dalam penugasan Operasi Siaga Segara-21/Natuna, Satgas Marinir di Ambalat (Sebatik), Satgas Udara di Ambalat (Tarakan), Lanal Sabang, Lanal Rote dan Lanal Timika.

Dalam kegiatan ini, Kasal juga menganugerahkan Tanda Jasa Satya Lencana Kesetiaan kepada perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama Koarmada II yang telah mengabdi dengan setia kepada NKRI selama 24 Tahun, 16 Tahun dan 8 Tahun.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
30o
Kurs