Selasa, 18 Januari 2022

Kasal: Marinir Garda Terdepan dan Benteng Terakhir Membela NKRI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laksamana TNI Yudo Margono Kasal melakukan pembaretan pada perwakilan prajurit baru Marinir di Pantai Baruna pesisir pantai selatan Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Selasa (7/12/2021). Foto: Dispen Kormar

“Tumbuhkan dan pupuk kesadaran di dalam sanubari kalian bahwa kalian semua adalah Prajurit Korps Marinir TNI AL yang profesional, berjiwa ksatria, handal dan unggul disetiap penugasan, berwawasan modern, religius dan humanis serta senantiasa siap tampil sebagai garda terdepan dan benteng terakhir dalam membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Ucapan Kasal tersebut disampaikan kepada 512 Prajurit saat penyematan Baret Ungu Kebanggaan Prajurit Muda Korps Marinir dalam acara tradisi Upacara Pembaretan Perwira Remaja AAL Angkatan 66, Bintara Remaja Angkatan 40 Gelombang 1 dan Gelombang 2 serta Tamtama Remaja Angkatan 40 Gelombang 2 Korps Marinir TNI AL TA.2021.

Penyematan Baret Ungu Prajurit Petarung Korps Marinir ini dilaksanakan dalam Upacara Pembaretan yang dipimpin langsung oleh Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) didampingi Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono Komandan Korps Marinir (Dankormar) yang digelar di Pantai Baruna pesisir pantai selatan Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Mengawali amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut menyampaikan rasa bangga karena secara langsung saya selaku Kepala Staf Angkatan Laut hadir dan menyematkan baret ungu kepada para prajurit muda Jalasena untuk kedua kalinya pada tahun ini di Pantai Baruna dalam rangka melaksanakan pembaretan bagi para prajurit Jalsena menjadi Prajurit Baret Ungu Ksatria Samudera.

“Banggalah menjadi Prajurit Korps Marinir, karena kalian telah menjadi bagian dari satuan yang menjadi andalan Bangsa dan Negara, hal ini menandai bahwa mulai saat ini kalian harus berpola pikir dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai luhur dan kehormatan sebagai Prajurit Baret Ungu,” pungkas Kasal.

Pelaksanaan acara tersebut tetap mengutamakan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan jaga jarak antar perorangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Kodiklatal, Pejabat Utama Mabesal, Pangkotama TNI AL, Pejabat Utama Mako Kormar, Forkopimda Malang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
30o
Kurs