Sabtu, 27 April 2024

Kasus Harian Covid-19 Tembus Sembilan Ribu, Rekor Tertinggi Sejak Maret 2020

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prof Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19. Foto: Antara

Lonjakan kasus Covid-19 masih terjadi di Indonesia. Bahkan, penambahan kasus harian hari ini tercatat sebagai yang paling tinggi sejak wabah penyakit akibat Virus Corona terdeteksi di Tanah Air, Maret 2020.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, hari ini ada 9.321 kasus baru secara nasional.

Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, penambahan kasus baru yang sangat banyak itu akibat gagalnya masyarakat melakukan pencegahan penularan pada masa libur akhir tahun 2020.

Menurut Wiku, Pulau Jawa dan Bali menjadi penyumbang utama penambahan kasus harian.

Dari total kumulatif kasus positif per tanggal 3 Januari 2021, Jawa dan Bali berkontribusi sebanyak 65 persen atau 496.674 kasus dari total kasus positif Covid-19 tingkat nasional.

Laporan penambahan kasus mingguan di dua pulau tersebut tidak pernah di bawah 50 persen angka rata-rata kasus nasional.

“Ini adalah imbas dari libur panjang. Ternyata pada pembelajaran yang keempat kalinya kita masih belum berhasil juga memperbaiki dan mengambil pembelajaran dari tiga libur panjang sebelumnya. Saya berat hati menyampaikan data penambahan kasus harian per hari ini adalah yang tertinggi sejak awal pandemi, mencapai sembilan ribu. Bahkan, angka itu meningkat hampir 500 hanya dalam waktu satu hari,” ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/1/2020).

Lebih lanjut, untuk membendung penularan Covid-19 di Jawa dan Bali, serta wilayah sekitarnya, pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), mulai tanggal 11 sampai 25 Januari 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 bilang, kalau kasus positif di Pulau Jawa dan Bali bisa dikendalikan, angka kasus di tingkat nasional otomatis akan menurun drastis.

Maka dari itu, Dokter Wiku mengimbau seluruh pemerintah daerah, bukan cuma yang ada di Jawa dan Bali, merespon dengan melakukan perbaikan penanganan. (rid/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs