Kamis, 28 Maret 2024

Kemendikbud Tunjuk Banda Aceh Pelaksana PAUD Holistik Integrative

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Dyah Erti Idawati Bunda Paud Aceh memberikan semangat kepada anak-anak PAUD. Foto: Antara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menunjuk Kota Banda Aceh sebagai daerah pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integrative (PAUD HI) dari 45 Kabupaten kota seluruh Indonesia.

“Program PAUD HI di Banda Aceh ini akan dilaksanakan sampai dengan 2024 mendatang,” kata Saminan Ismail Kepala Dinas Pendidikan Banda Aceh di Banda Aceh, Selasa (20/04/2021)

Antara melansir, pengembangan program PAUD HI tersebut sebagai tindak lanjut dari kunjungan dirinya bersama Aminullah Usman Wali Kota Banda Aceh beberapa waktu lalu ke Kemdikbud RI.

Dalam waktu dekat tim Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud akan berkunjung ke Banda Aceh guna melihat langsung perkembangan pelaksanaan program tersebut serta membawa bantuan penguatan untuk pengembangannya.

Program PAUD HI merupakan layanan stimulasi holistik mencakup pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan.

Kemudian, dijadikan kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, profesi, tokoh masyarakat, hingga orang tua.

“Ini telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Kita menjalankan saja amanah,” ujarnya.

Pengembangan PAUD HI ini direncanakan secara sistematis dan diterapkan untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak supaya kelak menjadi generasi berkualitas dan berdaya saing di masa depan.

Adapun layanan PAUD HI itu meliputi pengembangan karakter, aspek dalam bidang agama dan moral, motorik kasar dan halus, kognitif, serta bahasa dan sosial emosional.

“Metode ini juga menekankan layanan kesehatan dan gizi, serta stimulasi. Selain itu, layanan PAUD HI memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas,” kata Saminan.

Dia meminta masyarakat aktif terlibat, karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk keseragaman pelaksanaannya.

PAUD HI adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.(ant/bud/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs