Kamis, 25 April 2024

Kemensos Siap Menampung Pemulangan 7.300 PMI Bermasalah dari Malaysia

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Harry Hikmat Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos saat dengar pendapat dengan DPR RI membahas pemulangan PMI, Rabu (2/6/2021) Foto : Istimewa

Kementerian Sosial (Kemensos) RI di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), siap memberikan layanan rehabilitasi sosial, pemulangan serta reintegrasi bagi 7.300 PMI bermasalah dari Malaysia pada Juni dan Juli 2021.

“Tugas dan fungsi Kemensos sesuai Permenko PMK No 3 fokus bagi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPO),” kata Harry Hikmat Dirjen Rehabilitasi Sosial (Resos), Kamis (3/6/2021).

Kemensos juga siap menerima, dan menindaklanjuti pemulangan dari Kementerian Luar Negeri, melalui entry point Tanjung Pinang dan Pontianak, berkoordinasi dengan satuan tugas pemulangan PMI bermasalah, termasuk pemerintah daerah, serta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

“Kemensos menyiapkan Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang, RPTC Bambu Apus serta 41 balai rehabilitasi sosial milik Kemensos, “ kata Harry.

Sesuai arahan Menteri Sosial bahwa ke-41 Balai tersebut tengah dioptimalisasi untuk menangani PMI bermasalah.

“Ke-41 balai bisa jadi tempat transit, maupun tempat isolasi mandiri sebelum PMI tersebut dipulangkan ke daerah asal masing-masing,” jelas Harry.

Selain balai, Kemensos menyiapkan pekerja sosial terkait pendataan, asesmen dan intervensi, terkait pemulangan dan rujukan, serta menyiapkan sandang, perlengkapan mandi, bantuan jaminan hidup, permakanan dan tambahan permakanan selama dalam perjalanan.

Masih ada kendala, saat belum terintegrasi data PMI bermasalah yang telah ditangani, Kemensos, dan mendapat Jaminan Sosial serta program-program perlindungan sosial ke Kementerian/Lembaga yang menangani PMI tersebut.

“Dampaknya membuat para PMI bermasalah tersebut bisa bekerja lagi di luar negeri,” katanya.

Kementerian/Lembaga di bawah Kemenko PMK tengah berkoordinasi mengantisipasi rencana pemulangan PMI dari Malaysia, agar pemulangan tersistimatis, terarah, terklarifikasi jumlah PMI dengan data by name by address, yang akan dipulangkan pada Juni- Juli 2021 kepada Pemerintah Malaysia. (man/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs