Senin, 29 April 2024

Kerja Sama Dipendukcapil dengan PC Fatayat NU Sidoarjo Memudahkan Urusan Administrasi Kependudukan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo secara resmi telah menyepakati kerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sidoarjo berkaitan dengan administrasi kependudukan.

Dengan adanya kerja sama ini, PC Fatayat NU Sidoarjo dapat menghimpun permohonan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk kemudian ddiserahkan kepada Dispendukcapil Sidoarjo.

Keduanya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama beberapa bulan lalu. PC Fatayat NU Sidoarjo juga sudah menyerahkan sebagian berkas-berkas permohonan administrasi kependudukan anggotanya.

Secara simbolis, bersamaan dengan peringatan Harlah ke-71 Fatayat NU di kantor PC Fatayat NU Sidoarjo, Minggu (25/4/2021), Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo menyerahkan dokumen kependudukan sudah selesai cetak.

Bersama dr. Sriatun Subandi Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo dia menyerahkan KIA kepada pemohon yang mengajukan permohonannya melalui PC Fatayat NU Sidoarjo. Sa’adah mengapresiasi apa yang dilakukan Dispendukcapil Sidoarjo.

Dia berterima kasih atas kerja sama pelayanan administrasi kependudukan yang dijalin antara Dispendukcapil dengan Fatayat NU Sidoarjo. Dia berharap PC Fatayat NU bisa terus bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Saya berharap PC Fatayat NU Sidoarjo bisa semakin berkontribusi, bekerja sama dengan kami seperti yang dilakukan dan kulo juga menghaturkan maturnuwun sanget untuk kolaborasinya bersama Dispendukcapil,” ujarnya.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo dia menyatakan, kesiapannya untuk berkontribusi membangun Kabupaten Sidoarjo. Hal itu akan diwujudkan melalui program-program TP PKK yang akan dijalankannya.

Istri Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo itu juga mengajak semua pihak mendukung program pemerintah Kabupaten Sidoarjo di bawah kepemimpinan suaminya dan Subandi sebagai Wakil Bupati Sidoarjo.

“Demi pemberdayaan kesejahteraan keluarga mari kita sareng-sareng (bersama-sama), bergandeng tangan, bergotong royong membantu mengatasi berbagai problem yang ada,” ujarnya.

Dyah Rina Pujiastuti Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Sidoarjo mengatakan, masih banyak masyarakat Sidoarjo yang belum melakukan pengurusan akta kelahiran maupun KIA.

Dengan dukungan kerja sama PC Fatayat NU itu, dia berharap pelayanan kependudukan di Sidoarjo semakin mudah bagi masyarakat. Terutama dalam penerbitan akte kelahiran maupun KIA.

“Dengan adanya perjuangan panjenengan, akte-akte ini akan terbit. Karena masih banyak anak-anak kita yang belum mempunyai akta kelahiran,” ujarnya.

Sementara itu Elok Sifak Munadiroh Ketua PC Fatayat NU Sidoarjo mengatakan, saat ini sudah terkumpul 112 permohonan berkas akta kelahiran serta 2.309 permohonan KIA. Jumlah tersebut belum seluruhnya terkumpul dari PAC PC Fatayat NU Sidoarjo.

Ada beberapa ranting Fatayat NU yang belum menyerahkan berkas administrasi kependudukan yang disyaratkan. Dia bilang kerja sama seperti ini menjadi awal dan bukti Fatayat mengabdi kepada masyarakat.

“Syukur alhamdulillah, dimasa pandemi ini Fatayat NU masih dapat memberikan baktinya, sumbangsihnya kepada anggota Fatayat NU di Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs