Kamis, 25 April 2024

Ketua DPD RI Usul Swab Antigen untuk Pelajar di Sekolah dan Kampus Digratiskan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Antara

Menanggapi keberatan orang tua atas kewajiban melakukan Swab Antigen bagi pelajar setiap hendak melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah, LaNyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD RI mengusulkan agar hal itu disubsidi alias digratiskan oleh pemerintah.

Tidak hanya kepada pelajar, kewajiban Swab Antigen juga berlaku untuk kalangan mahasiswa yang akan beraktivitas di kampus. Bagi LaNyalla, hal yang wajar apabila orang tua siswa dan mahasiswa merasa keberatan.

“Kebijakan kewajiban Swab Antigen tentu harus dipikirkan baik-baik. Tidak semua orang tua siswa dan mahasiswa memiliki kecukupan dana jika setiap kali harus beraktivitas menyertakan Swab Antigen,” kata LaNyalla dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Jika kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mencegah klaster penularan Covid-19 di sekolah dan kampus, LaNyalla sangat menyetujuinya. Hanya saja, ia menilai pembiayaan bisa disubsidi sepenuhnya oleh pemerintah.

“Ada baiknya pemerintah melalui koordinasi Kemenkes dan Kemendikbud memberikan subsidi Swab Test atau menggratiskannya untuk pelajar dan mahasiswa yang akan beraktivitas,” tegas LaNyalla.

Selain meringankan beban masyarakat di masa pandemi, proses belajar mengajar di sekolah dan kampus juga tidak menemui hambatan. Di sisi lain, mereka juga merasa aman dari paparan Covid-19.

“Bagaimana jika orang tua siswa atau mahasiswa tak punya uang untuk Swab Test. Artinya dia terhambat melakukan aktivitas belajar mengajar. Usulan subsidi atau gratis ini saya realistis mengingat pelajar atau mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan tentunya tak sebanyak mereka yang belajar di rumah. Jadi tidak akan memberatkan keuangan pemerintah,” pungkas La Nyalla. (faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs