Jumat, 19 April 2024

Khofifah Mengajak Warga Jatim Hadiahkan Herd Immunity di Hari Kemerdekaan RI

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim meminta seluruh bupati/wali kota mempercepat vaksinasi. Terutama vaksinasi untuk pelajar, sebagaimana arahan Joko Widodo Presiden.

Berdasarkan data yang ada saat ini, Khofifah menyampaikan, jumlah siswa SMA/SMK/SLB/MAN di Jatim sebanyak 1,3 juta. Sedangkan untuk remaja usia 12-17 tahun sebanyak 3,05 juta.

“Sekarang yang harus dibangun oleh Bupati/Wali Kota se-Jatim adalah percepatan vaksinasi,” ujarnya saat meninjau vaksinasi di Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi, Krian, Sidoarjo, Jumat (16/7/2021).

Khofifah memuji Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo. Dia bilang, dua hari lalu dia sampaikan agar bergerak lebih cepat, Jumat ini vaksinasi di Pesantren Al-Manah menyasar 2.500 orang santri.

“Terima kasih Pak Bupati, Ini bagian dari ikhtiar dari dua hari lalu yang sudah diluncurkan Pak Presiden untuk maksimalkan vaksinasi pelajar,” katanya dalam keterangan tertulis.

Khofifah berharap, vaksinasi bisa diperluas untuk siswa SMA/Aliyah/SMK, SMP/Tsanawiyah, juga terhadap pelajar SD yang sudah berusia 12 tahun, juga pelajar yang berbasis pesantren.

Saat itulah Khofifah menyampaikan keinginan. Bahwa pada 17 Agustus 2021 nanti warga Jatim bisa memberikan “hadiah” HUT RI dengan terwujudnya herd immunity (kekebalan kelompok).

“Ayo kita bangun semangat bersama, pada 17 Agustus 2021 nanti hadiah warga Jatim untuk HUT RI adalah mempercepat herd immunity. Yakni minimal 70 persen warga Jatim sudah divaksin,” katanya.

Saat ini, kata dia, total capaian vaksinasi di Jatim baru 21 persen. Karena itu dia minta bupati/wali kota mempercepat pencapaian 70 persen warga Jatim sudah divaksin pada Agustus nanti.

Untuk mendukung percepatan vaksinasi dia berharap ada percepatan suplai vaksin dari pemerintah pusat. Karena dia melihat, setiap kabupaten/kota dan masyarakatnya punya semangat luar biasa.

“Mudah-mudahan kita bisa segera mendapatkan supply vaksin baru untuk percepatan herd immunity Agustus nanti. Kalau supply-nya banyak bisa gencar vaksinasinya,” katanya.

Tidak hanya meninjau vaksinasi di Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi, Krian, Sidoarjo, sebelumnya Khofifah sempat meninjau vaksinasi bagi pelajar SMAN 5 Surabaya, juga meninjau vaksinasi door to door di beberapa titik di Surabaya bersama Forkopimda Jatim.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs