Jumat, 29 Maret 2024

Komunitas Lintas Budaya Usul Nama Gombloh Jadi Nama Jalan

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Komunitas lintas budaya Jatim menggelar ziarah di makam WR Soepratman pahlawan Nasional, Selasa (9/3/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Hari Musik Indonesia diperingati oleh komunitas lintas budaya Jawa Timur dengan menggelar ziarah dan tabur bunga ke sejumlah musisi dan pahlawan musik Indonesia. Salah satunya tabur bunga dan ziarah di makam Wage Rudolf Soepratman di Kenjeran, Selasa (9/3/2021).

Dihadiri belasan peserta, acara itu diikuti oleh Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur, Surabaya Musik Times, Komunitas Karawitan dan Musik Pentatonis. Mereka juga menggelar doa bersama, yang tahun ini dikhususkan untuk meminta Pandemi segera berlalu. Ki Bagong Sabdo Simokarto Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jatim bilang, pandemi ini sangat berdampak bagi kehidupan musisi.

Mereka juga menggelar diskusi, menyinggung kewajiban menyanyikan lagu Indonesai Raya tiga stansa. Mereka menilai penerapan kewajiban tersebut belum maksimal.

Setelah berziarah ke makam Wage Rudolf Soepratman, rencananya mereka akan berziarah ke makam Gombloh, di komplek pemakaman Tembok, Surabaya. “Kami berharap agar pemerintah bisa megabadikan nama Gombloh menjadi nama jalan di Surabaya,” katanya. (ton/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs