Jumat, 25 Juni 2021

Lebaran di Tengah Pandemi, Presiden Bersilaturahmi dengan Wakil Presiden Secara Daring

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersilaturahmi dengan Ma'ruf Amin Wakil Presiden lewat panggilan video, Kamis (13/5/2021), sesudah Salat Idulfitri. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, hari ini, Kamis (13/5/2021), merayakan lebaran dengan sederhana di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sesudah melaksanakan Salat Idulfitri 1442 Hijriah, Presiden dan Ibu Negara bersilaturahmi dengan Ma’ruf Amin Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin secara daring.

Dalam dialognya, Presiden dan Wakil Presiden saling bertanya mengenai kondisi kesehatan keluarga pada Idulfitri di tengah pandemi Covid-19.

Kemudian, Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarga saling bermaaf-maafan lewat panggilan video.

Silaturahmi secara daring adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan pejabat negara juga masyarakat umum, untuk menghindari penyebaran wabah Virus Corona.

Jokowi Presiden bersilaturahmi dengan Ma’ruf Amin Wakil Presiden lewat panggilan video, Kamis (13/5/2021), sesudah Salat Idulfitri. Foto: Biro Pers Setpres

Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan pemerintah tidak melarang aktivitas silaturahmi pada periode larangan mudik lebaran, 6-17 Mei 2021.

Tapi, pemerintah mengimbau supaya silaturahmi dilakukan secara daring atau virtual.

Imbauan itu dikeluarkan karena pandemi Covid-19 di Indonesia belum sepenuhnya terkendali. Selain itu, ada potensi kenaikan kasus Covid-19 di setiap agenda libur panjang.

Lebaran tahun ini, Presiden dan Wakil Presiden kembali tidak mengadakan gelar griya (open house) yang sebelumnya biasa dilakukan untuk bersilaturahmi dengan keluarga, pejabat negara dan masyarakat umum.

Hal itu sejalan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Kebijakan larangan open house bagi pejabat negara dan aparatur sipil negara juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona yang masih mewabah di Indonesia.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs