Sabtu, 20 April 2024

Lolos Program IISMA, 13 Mahasiswa UKWMS Siap Belajar ke Luar Negeri

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Beberapa dari 13 mahasiswa UKWMS yang dilepas Rektor menuju sejumlah kampus luar negeri. Foto: humas UKWMS

Sebanyak 13 mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) terpilih mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Sembilan di antaranya berangkat di semester gasal ini, sedangkan empat lainnya dijadwalkan berangkat pada semester genap mendatang. Meski di tengah pandemi, semangat para mahasiswa tidak pudar.

IISMA sendiri merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diadakan sekali dalam setahun. Dan tahun ini berbarengan dengan HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia meraih kesempatan berharga ini.

Dan masih dalam nuansa HUT Kemerdekaan RI, kemudian UKWMS menggelar acara Pelepasan Mahasiswa Peserta Program IISMA secara daring bagi sembilan peserta.

“Setelah melalui proses yang panjang dan tidak mudah, terpilih 13 mahasiswa ini. Secara bergiliran mereka akan berangkat ke universitas tujuan dan mengikuti selama satu semester. Hal ini merupakan peluang yang sangat baik, terlebih universitas tujuan banyak menawarkan mata kuliah yang menarik, sehingga nikmati proses yang kalian akan hadapi,” terang Erlyn Erawan, Psy.D., Kepala Kantor Urusan Internasional UKWMS, Kamis (19/8/2021).

UKWMS juga memberikan apresiasi untuk ketiga belas mahasiswa peserta program IISMA. Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Drs. Kuncoro Foe, G.Dip., Sc., Ph.D., Apt., Rektor UKWMS.

“Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan untuk kalian peserta program, IISMA, universitas tidak akan melakukan penagihan uang kuliah ketika kalian berangkat studi di luar negeri. Karena kami paham betul pegorbanan kalian tidak ringan dan mengingat pencapaian ini juga sebuah kebanggan untuk kami semua,” papar Kuncoro.

Para mahasiswa yang berhasil lolos seleksi ini berasal dari berbagai fakultas, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Bisnis (FB), Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), dan Fakultas Kewirausahaan.

Dari FKIP terpilih Louisa Alexis Tanuraharja, Komang Dita Irma Savitri, Erica Rosa Rubetta, Nadya Samantha Sudargo, Jesslyn dan Safira Titah Pramesti. Kemudian dari FF terpilih Brigita Connie Laydinia. Dari FT ada Tammy Laysandra. Lalu dari FB yang berhasil lolos ada Fransisca Grace Agustin Sitompul dan Gabriella Lisbeth Avriel Purwanto. Dari F.Psi ada Earlene Benedicta G. S. Rundengan. Dan dari Fikom terpilih Ignatia Sherinka Widyatheresa.

Terakhir dari Fakultas Kewirausahaan terpilih Yuliana Puspa Dewi Rahardjo. Mereka akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di beberapa Negara tujuan, diantaranya Malaysia, Taiwan, Inggris, Belanda, Spanyol, Republik Ceko, Amerika Serikat, hingga Hungaria.

Peserta pertama yang dijadwalkan akan berangkat terlebih dahulu di semesrer gasal ini adalah Jesslyn dari FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan universitas yang dituju adalah Michigan State University, Amerika Serikat.

Adapun universitas tujuan lainnya yakni Universiti Sains Malaysia; National Taiwan University of Science and Technology; National Taiwan University; Lancaster University, Inggris; University of Leicester, Inggris; University of Leeds, Inggris; Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda; Universitat Pompeu Fabra, Spanyol; University of Granada, Spanyol; Palacky University Olomouc, Republik Ceko; dan University of Szeged, Hungaria.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs